Pembinaan Keterampilan Kerja Untuk Kesejahteraan Keluarga (Studi Deskriftif Pada Ibu Rumah Tangga Di Kampung Penggalangan Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)

Abdan Sahputra, 421206787 (2019) Pembinaan Keterampilan Kerja Untuk Kesejahteraan Keluarga (Studi Deskriftif Pada Ibu Rumah Tangga Di Kampung Penggalangan Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pembinaan Keterampilan Kerja Untuk Kesejahteraan Keluarga (Studi Deskriftif Pada Ibu Rumah Tangga Di Kampung Penggalangan Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues))
Abdan Sahputra, 41206787, FDK, BKI, 085359003743.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pembinaan Keterampilan Kerja Untuk Kesejahteraan Keluarga (Studi Deskriftif Pada Ibu Rumah Tangga di Kampung Penggalangan Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)” Bertolak dari kondisi masyarakat Desa Penggalangan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, idealnya masyarakat Desa Penggalangan akan memproleh kesejahteraan baik hidup maupun ekonomi. Namun kenyataannya masih banyak masyarakat Desa Penggalangan yang masih tergolong dalam kategori miskin. Oleh karena itu perlu penelitian yang berkaitan dengan pendekatan bimbingan karir dalam pembinaan keterampilan kerja untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Adapun tujuan penelitian ini adalah yaitu; 1. untuk mengetahui potensi sumber daya alam dan suberdaya manusia yang ada di Desa Penggalangan Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. 2. Tingkat keaktifan ibu rumah tangga di Desa Penggalangan. 3. Dukungan sistem dalam masyarakat yang dapat membantu layanan bimbingan karir terhadap pembinaan keterampilan kerja untuk ibu rumah tangga. 4. Konsep bimbingan konseling karir sebagai pendekatan dalam pembinaan keterampilan kerja. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif analitis yang memberikan gambaran hasil pengamatan yang didapat dari lapangan dan akan dijelaskan dengan kata-kata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ibu rumah tangga di Desa Penggalangan kurang mendapat pelatihan atau pembinaan keterampilan yang di adakan oleh pemerintah Kabupaten Gayo Lues ataupun badan instansi terkait lainnya dan kurangnya imformasi juga menjadikan ibu rumah tangga tidak tahu bagaimana caranya meningkatakan keterampilan-keterampilan yang diproleh sebelumnya, sehingga banyak ibu-ibu rumah tangga tersebut hanya melakukan pekerjaan di rumah saja tanpa mengetahui keterampilan yang dimilikinya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Dr. kusmawati hatta.,M.Pd 2. Jarnawi. S.Ag.,M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Keluarga)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Abdan Sahputra
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:14
Last Modified: 17 Dec 2019 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10507

Actions (login required)

View Item View Item
TOP