Potensi Antioksidan Karagenan Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) Asal Aceh Jaya Sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Mi

Cut Aoyna Maulina Najib, 140704015 (2019) Potensi Antioksidan Karagenan Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) Asal Aceh Jaya Sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Mi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Potensi Antioksidan Karagenan Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) Asal Aceh Jaya Sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Mi]
Preview
Text (Potensi Antioksidan Karagenan Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) Asal Aceh Jaya Sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Mi)
Cut Aoyna Maulina Najib, 140704015, FST, KIMIA, 081397725714.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Potensi Antioksidan Karagenan Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) Asal Aceh Jaya Sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Mi” bertujuan untuk menentukan kandungan antioksidan pada sampel mi karagenan dan untuk menentukan kemampuan mi karagenan terhadap paparan, daya hambat atau ketahanan bakteri. Metode ekstraksi dilakukan dengan cara mengektraksi rumput laut E.cottonii menggunakan pelarut kalium hidroksida (KOH) dengan konsentrasi 14% pada pH 8-9 dan suhu 90°C selama 30 menit, diperoleh massa karagenan sebesar 15,04 g dengan rendemen karagenan sebesar 49,88 %. Uji aktivitas antioksidan mi karagenan menggunakan metode 1,1-Diphenyl-2- picryhydrazyl (DPPH) dengan perbandingan antara mi komersial 1 dan mi komersial 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada sampel tepung mi karagenan, tepung mi komersial 1 dan tepung mi komersial 2 tidak dapat ditentukan, tetapi tepung mi karagenan memiliki nilai absorbansi yang lebih kecil daripada mi komersial 1 dan 2 sedangkan nilai % inhibisinya tepung mi karagenan memiliki nilai yang lebih tinggi daripada komersial 1 dan 2. Ekstrak mi karagenan di uji aktivitas antibakteri dengan menggunakan perbandingan konsentrasi yaitu 1:2, 1:1 dan 2:1 dengan menggunakan bakteri Escherichia coli (Gram negatif) dan Staphylococcus aureus (Gram positif) menggunakan cakram pada metode difusi agar. Hasil yang diperoleh yaitu ketahanan dari sampel (tepung terigu dan tepung karagenan) terhadap bakteri E. coli dan S. aureus hanya dapat berlangsung selama 24 jam pada semua perbandingan konsentrasi yaitu 1:2, 1:1 dan 2:1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ibnu Khaldun, M. Si Pembimbing II : Muhammad Ridwan Harahap, M. Si
Uncontrolled Keywords: Karagenan rumput laut, Antioksidan, 1,1-Diphenyl-2- Picryhydrazyl (DPPH), E. coli, S. aureus
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 547 Kimia Organik
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Cut Aoyna Maulina Najib
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:30
Last Modified: 18 Dec 2019 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10512

Actions (login required)

View Item
View Item