Pengaruh Program Dan Sumber Daya Ustadz/Ustadzah Terhadap Pembentukan Akhlak Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Ma’had Al-Jami’ah

Desri Intan Sari, 150403046 (2019) Pengaruh Program Dan Sumber Daya Ustadz/Ustadzah Terhadap Pembentukan Akhlak Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Ma’had Al-Jami’ah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Program Dan Sumber Daya Ustadz/Ustadzah Terhadap Pembentukan Akhlak Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Ma’had Al-Jami’ah)
Desri Intan Sari, 150403046, FDK, MD, 085362580125.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Program dan Sumber Daya Ustadz/Ustadzah Terhadap Pembentukan Akhlak Mahasiswa UIN Ar-Raniry di Ma’had Al-Jami’ah”. Latar belakang masalah dalam pembahasan skripsi ini adalah sejauhmana Program dan Sumber Daya Ustadz/Ustadzah Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Berpengaruh Terhadap Pembentukan Akhlak Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa ada atau tidaknya dan tingkat persentase pengaruh program dan sumber daya ustadz/ustadzah Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry terhadap pembentukan akhlak mahasiswa. Dalam penulisan Skripsi ini, penulis menerapkan metode kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) metode ini dilakukan dengan mengobservasi langsung ke Ma’had Al-Jami’ah sehingga pembahasan dan data yang diperoleh data lebih akurat dan objektif. Metode pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah Accidental Sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang. Data dianalisa dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji heterokordetisitas, uji regresi linear sederhana, uji koefesien determinasi, uji t, dan uji F dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program berpengaruh terhadap pembentukan akhlak mahasiswa, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumber daya ustadz/ustadzah berpengaruh terhadap pembentukan akhlak mahasiswa. Jadi secara garis besar menunjukkan bahwa program dan sumber daya ustadz/ustadzah berpengaruh terhadap pembentukan akhlak mahasiswa UIN Ar-Raniry di Ma’had Al-Jami’ah. Adapun tingkat persentase pengaruhnya adalah 39.2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Mahmuddin, M.Si. 2. Fakhruddin, S.E., M.M.
Uncontrolled Keywords: Program, Sumber Daya Ustadz/Ustadzah dan Pembentukan Akhlak
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.3 Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manuasia)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Desri Intan Sari
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:24
Last Modified: 18 Dec 2019 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10517

Actions (login required)

View Item View Item
TOP