Analisis Program Kampung Dongeng Terhadap Literasi Dasar Anak Di Desa Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar

Nelly Saida, 140503076 (2019) Analisis Program Kampung Dongeng Terhadap Literasi Dasar Anak Di Desa Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Program Kampung Dongeng Terhadap Literasi Dasar Anak Di Desa Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar]
Preview
Text (Analisis Program Kampung Dongeng Terhadap Literasi Dasar Anak Di Desa Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar)
Nelly Saida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Program Kampung Dongeng Terhadap Literasi Dasar Anak di Desa Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar”. Permasalahan utama dari penelitian ini yaitu menganalisis Program Kampung Dongeng dalam meningkatkan kemampuan literasi anak. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Program Kampung Dongeng Terhadap Literasi Dasar Anak di Desa Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Kampung Dongeng dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbagai hal melalui kegiatan dongeng, Kampung Dongeng keliling kampung, workshop, tahsin dan tahfizul qur’an, kegiatan membaca bersama, menggambar, pantonim, bermain peran, cooking, senam ceria, menyanyi, bazar dan sulap. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut dibuktikan dapat meningkatkan kemampuan literasi dasar anak, seperti kemampuan print motivation, phonological awareness,vocabulary, narrative skill, print awareness dan letter knowledge. Kegiatan Kampung Dongeng dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak, sehingga anak lebih percaya diri untuk berkomunikasi, bertanya, menjawab pertanyaan. Kegiatan mendongeng menjadikan anak cinta akan buku yang kemudian berkembang ke arah minat membaca dan akan membantu kematangan untuk belajar membaca pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Dr. Bustami, M. Hum 2. Umar Bin Abd. Aziz, S. Ag., SS, M A
Uncontrolled Keywords: Kampung Dongeng, Literasi, Anak
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.4 Perpustakaan Umum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nelly Saida Nelly
Date Deposited: 23 Dec 2019 06:43
Last Modified: 23 Dec 2019 06:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10521

Actions (login required)

View Item
View Item