Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa MTs

Cut Putri Ainun Jariyah, 261324544 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Generatif)
Cut Putri Ainun Jariyah, 261324544, FTK, PMA, 082168217804.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu dari lima kompetensi yang harus dimiliki siswa. Melalui kemampuan komunikasi matematis siswa dilatih untuk menjelaskan, menggambarkan, mendengar, menanyakan, bekerjasama, berbagi ide dan mengekspresikan gagasan-gagasan yang mereka pahami. Oleh karena itu kemampuan komunikasi matematis mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika yang harus dikembangkan. Namun, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs Ulumul Qur’an Banda Aceh masih rendah. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis akan berdampak pada hasil belajar siswa dan pada saat siswa mengaplikasikan konsep yang ia pahami untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan penerapan model pembelajaran generatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa MTs melalui penerapan model pembelajaran generatif serta untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa MTs yang dibelajarkan dengan model pembelajaran generatif dan kemampuan komunikasi matematis siswa MTs yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen pretest-posttest equivalent group-design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII MTs Ulumul Qur’an Banda Aceh tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII-4 yang terdiri dari 30 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-1 yang terdiri dari 28 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Data dikumpulkan melalui tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa MTs setelah diterapkannya model pembelajaran generatif. Dari hasil penelitian digunakanlah statistik uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil pengolahan tersebut untuk peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh t_(tabel )sebesar 1,70 dan t_(hitung ) sebesar 9,55 sehingga t_(hitung )> t_(tabel )maka terima H1 yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa MTs setelah diterapkan model pembelajaran generatif meningkat secara signifikan bila dibandingkan sebelum diterapkan model pembelajaran generatif, sedangkan untuk perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran generatif dan konvensional diperoleh t_(tabel ) sebesar 1,68 dan t_(tabel ) sebesar 5,19 sehingga t_(hitung > ) t_(tabel )berarti terima H_1 yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa MTs yang dibelajarkan dengan model pembelajaran generatif lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa MTs yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. M.Yacoeb, M.Pd 2. Khairatul Ulya, S.Pd.I, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Generatif, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Putri Ainun Jariyah
Date Deposited: 23 Dec 2019 01:50
Last Modified: 23 Dec 2019 01:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10529

Actions (login required)

View Item View Item
TOP