Analisis Standar Pelayanan Referensi Dan Kaitannya Dengan Perpindahan Lokasi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Yanuari Yansyah, 140503184 (2019) Analisis Standar Pelayanan Referensi Dan Kaitannya Dengan Perpindahan Lokasi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Analisis Standar Pelayanan Referensi Dan Kaitannya Dengan Perpindahan Lokasi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Standar Pelayanan Referensi dan Kaitannya dengan Perpindahan Lokasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh”. Tujuan dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Standar Pelayanan Referensi dan kaitannya terhadap Perpindahan Lokasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Kepala bagian pelayanan, Kasi. Layanan perpustakaan, 4 (empat) Staf pelayanan referensi, dan 6 (enam) orang Pemustaka yang bertanggung jawab atas pelayanan referensi dan yang memanfaatkan layanan referensi, dengan total keseluruhannya 13 (tiga belas) orang dengan objek penelitian adalah penerapan Standar Pelayanan Referensi dan kaitannya dengan perpindahan lokasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pasca perpindahan lokasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh masih menjadikan Standar Pelayanan Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh tahun 2016 sebagai pedoman pelayanan referensi. Adapun penerapan standar pelayanan referensi pasca perpindahan lokasi masih belum sesuai dikarenakan ada beberapa dari poin belum dapat di terapkan. Poin yang belum dapat di terapkan seperti persyaratan pelayanan, sistem, mekanisme dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, sarana, prasarana dan fasilitas. Sehingga perpindahan lokasi sangat berpengaruh terhadap pelayanan referensi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, melihat banyaknya komponen dari standar pelayanan referensi yang sebelumnya dapat diterapkan akan tetapi saat ini belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Zubaidah, M.Ed, 2. Umar Bin Abdul Aziz, MA
Uncontrolled Keywords: Standar, Perpustakaan
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.5 Perpustakaan Pemerintah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Yanuari Yansyah
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:27
Last Modified: 19 Dec 2019 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10530

Actions (login required)

View Item View Item
TOP