Teknik Shock Therapy dalam Perkembangan Kesehatan Mental Ditinjau menurut Hadis-Hadis Rasulullah

Anberladi, 140402085 (2019) Teknik Shock Therapy dalam Perkembangan Kesehatan Mental Ditinjau menurut Hadis-Hadis Rasulullah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Teknik Shock Therapy dalam Perkembangan Kesehatan Mental Ditinjau menurut Hadis-Hadis rasulullah)
FULL SKRIPSI ANBERLADI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Shock therapy adalah pengobatan yang paling kontroversial dalam psikiatri modern. Berkaitan dengan resiko akibat perlakuan shock therapy, beberapa orang mengkritik shock therapy sebagai alat yang kejam dan pemaksaan dalam terapi gangguan jiwa. Perkembangan shock therapy dalam psikoterapi dipandang perlu untuk dikaji diteliti dan dianalisis menurut perspektif Islam. Fokus masalah penelitian, yaitu bagaimana bentuk perlakuan dalam teknik shock therapy. Dijabarkan menjadi beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) bagaimana tahap-tahap perkembangan penanganan kesehatan mental? (2) bagaimana perkembangan penerapan teknik shock therapy dalam kesehatan mental? (3) bagaiman teknik-teknik perlakuan shock therapy kesehatan mental? (4) bagaimana teknik shock therapy dalam kesehatan mental ditinjau menurut beberapa Hadis Rasulullah? Sedangkan tujuannya yaitu: (1) mengetahui tahap-tahap perkembangan penanganan kesehatan mental; (2) mengetahui perkembangan penerapan teknik shock therapy dalam kesehatan mental; (3) mengetahui teknik-teknik perlakuan shock therapy kesehatan mental (4) mengetahui teknik shock therapy dalam kesehatan mental ditinjau menurut beberapa Hadis Rasulullah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dengan metode deskriptif analitis dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data karya ilmiah ini digunakan penyelidikan kepustakaan dengan menelaah Hadis-Hadis Rasulullah, buku-buku, dan jurnal yang berkaitan dengan skripsi ini. Sumber data yang diambil didalam karya ilmiah ini adalah semua bahan berupa buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini yang sebagian besar ditemukan dipustaka. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik content analysis (analisis isi). Hasil dari penelitian ini adalah shock therapy telah digambarkan dalam beberapa Hadis, seperti gambaran shock therapy yang digambarkan melalui Hadis tentang pengobatan penyakit mental akibat gangguan jin dan Hadis tentang mengubah perilaku buruk yaitu Hadis mendidik keluarga, Hadis mengingat akhirat, Hadis mengendalikan nafsu, Hadis ghibah, dan Hadis perintah shalat berjamaah. Adapun saran penulis yaitu: Diharapkan adanya dilakukan penelitian lanjutan tentang teknik shock therapy. Khususnya kepada konselor dan terapis profesional yang muslim hendaklah juga memahami teknik terapi mental dalam perspektif Islam. Hendaknya prodi bimbingan dan konseling Islam menambah materi baru tentang terapi mental menurut al-Qur’an dan Hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Jamil Yusuf, M. Pd 2. Julianto Saleh M.Si
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.23 Materi Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anberladi Bela
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:03
Last Modified: 19 Dec 2019 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10533

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP