Pola Rekrutmen Bakal Calon Anggota Legislatif (Studi Kasus Pada Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh Kabupaten Aceh Jaya)

Noviza Rizki, 150801068 (2019) Pola Rekrutmen Bakal Calon Anggota Legislatif (Studi Kasus Pada Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh Kabupaten Aceh Jaya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pola Rekrutmen Bakal Calon Anggota Legislatif  (Studi Kasus Pada Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh Kabupaten Aceh Jaya)]
Preview
Text (Pola Rekrutmen Bakal Calon Anggota Legislatif (Studi Kasus Pada Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh Kabupaten Aceh Jaya))
Noviza Rizki, 150801068, FISIP, IP, 085360887233.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Rekrutmen bakal calon anggota legislatif dan kaderisasi bermasalah sebagaimana fenomena yang terjadi, anggota DPRK dari Partai Aceh kabupaten Aceh Jaya disandarkan pada kemampuan finansial (keuangan) seseorang dan popularitas (dikenal), tidak lagi mengedepankan aspek kemampuan, kapasitas dan kredibilitas calon itu sendiri. Sehingga melahirkan calon anggota lageslatif yang tidak memiliki kemampuan, kapasitas dan kredibilitas yang diusung oleh Partai Aceh. Sehingga jumlah perolehan kursi Partai Aceh di DPRK Aceh Jaya semakin menurun. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pola rekrutmen Calon Anggota Legislatif dari Partai Aceh di DPRK Aceh Jaya dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam rekrutmen Calon Anggota Legislatif dari Partai Aceh di DPRK Aceh Jaya. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Aceh Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pola rekrutmen yang dilakukan yaitu rekrutmen secara tertutup, dimana Partai Aceh berada pada posisi yang kuat dalam mengontrol pada pemilihan kandidat. Faktor penghambat rekrutmen adalah kurangnya sumber daya manusia yang memenuhi standar untuk diusung sebagai caleg Partai Aceh dalam pemilu 2019 di Kabupaten Aceh Jaya. Hal ini mengakibatkan banyaknya caleg gagal dari Partai Aceh dibandingkan dalam pileg 2014. Perolehan kursi Partai Aceh setelah Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Jaya merampungkan pleno rekapitulasi hanya 7 Kursi. Jumlah ini di luar target karena mereka menargetkan perolehan kursi lebih banyak dari pileg sebelumnya yakni 15 kursi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad, M.Ed Pembombing II : Dr. Fajran Zain, MA
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen, Bakal Calon Legislatif, Partai Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Noviza Rizki
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:57
Last Modified: 19 Dec 2019 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10534

Actions (login required)

View Item
View Item