Penegakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Front Pembela Islam Dalam Menanggulangi Pelanggaran Syariat Islam Di Kota Banda Aceh

Kamalul Khari, 140401135 (2019) Penegakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Front Pembela Islam Dalam Menanggulangi Pelanggaran Syariat Islam Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Penegakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Front Pembela Islam Dalam Menanggulangi Pelanggaran Syariat Islam Di Kota Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penegakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Front Pembela Islam dalam Menanggulangi Pelanggaran Syari’at Islam di Kota Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola penegakan amar ma’ruf nahi munkar yang dilakukan Front Pembela Islam dalam menanggulangi pelanggaran syari’at Islam di Kota Banda Aceh dan faktor yang menghambat dan peluang Front Pembela Islam dalam penegakan amar ma’ruf nahi munkar untuk menanggulangi pelanggaran syari’at Islam di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ketua FPI, pengurus dan anggota FPI Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pola penegakan amar ma’ruf nahi mungkar oleh Front Pembela Islam (FPI) Banda Aceh ialah mendukung syari’at Islam di Kota Banda Aceh adalah Controling (pengawasan) ketempat maksiat yang ada di Banda Aceh, daerah Ulee Lhe, Peunayong, dan Hotel yang ada di Banda Aceh, dan menggunakan cara Fronttal jika ada pelanggaran yang menentang FPI dan menggunakan cara persuasif yaitu dzikir, dakwah dan tabliq akbar di daerah Banda Aceh. Hambatan yang dilakukan Frontt Pembela Islam (FPI) Banda Aceh dalam mendukung syari’at Islam di Kota Banda Aceh adalah kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terkait penegakan syari’at Islam di Banda Aceh serta peran dan dukungan dari masyarakat yang masih minim, serta dibidang keuangan pun terhambat dan adanya oknum-oknum yang tidak suka adanya FPI di Banda Aceh. Peluang yang dilakukan Frontt Pembela Islam (FPI) Banda Aceh dalam mendukung syari’at Islam di Kota Banda Aceh adalah jika ada masyarakat yang melapor kepada FPI tentang tindak maksiat yang ada di Banda Aceh, FPI siap turun tangan dan bergerak untuk menyelesaikan tindak maksiat tersebut dengan cara menasehati dan berdakwah kepada pelaku maksiat, supaya maksiat tersebut tidak terulang kembali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Ridwan Muhammad Hasan, Ph. D 2. Fakhruddin,S.Ag., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Penegakan, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Front Pembela Islam, Pelanggaran Syari’at Islam.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.9 Islam dan BIdang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kamalul Khari
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:05
Last Modified: 19 Dec 2019 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10536

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP