Peran Takmir Dalam Meningkatkan Kapasitas Keislaman Masyarakat Pidie (Studi Kasus Di Masjid Jamik Al-Falah, Kota Sigli)

Said Abrar Akbar, 140402107 (2019) Peran Takmir Dalam Meningkatkan Kapasitas Keislaman Masyarakat Pidie (Studi Kasus Di Masjid Jamik Al-Falah, Kota Sigli). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Peran Takmir Dalam Meningkatkan Kapasitas Keislaman Masyarakat Pidie (Studi Kasus Di Masjid Jamik Al-Falah, Kota Sigli))
SAID.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Takmir Mesjid memiliki peranan penting dalam melaksanakan kegiatan keagamaan bagi masyarakat. Begitu juga Takmir yang terdapat di Mesjid Al-Falah Kota Sigli yang telah banya memberikan kontribusi dalam meningkatkan kegiatan keagamaan kepada masyarakat. Namun sebagian para Takmir dalam menjalankan peranannya masih kurang memiliki kompetensi yang baik, sehingga menggakibatkan munculnya kendala dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Penelitian yang berjudul “Peran Tahmir Dalam Meningkatkan Kapasitas Keislaman Masyarakat Pidie (Studi Kasus Mesjid Jamik Al-Falah, Kota Sigli)”, bertujuan untuk mengetahui kompetensi da’i pada masyarakat Desa Ujung Padang, mengetahui harapan mad’u terhadap kompetensi da’i di Desa Ujung Padang dan untuk mengetahui peran Takmir dalam meningkatkan kapasitas keislaman masyarakat Pidie di Mesjid Jamik Al-Falah, Kota Sigli Kabupaten Pidie, kegiatan keislaman yang terdapat di Mesjid Jamik AlFalah, Kota Sigli Kabupaten Pidie dan untuk mengetahui kendala Takmir dalam meningkatkan kapasitas keislaman masyarakat Pidie di Mesjid Jamik Al-Falah, Kota Sigli Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari panitia Badan Kemakmuran Mesjid Jamik, imam besar masjid, tokoh masyarakat sekitaran mesjid, bilal dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran Takmir dalam meningkatkan kapasitas keislaman masyarakat di Mesjid Jamik Al-Falah dengan pembinaan keagamaan seperti pengajian ritin setiap minggu dan saat memasuki bulan Ramadhan. Peran takmir lainnya juga dengan melengkapi berbagai keperluan jama’ah seperti menyediakan Al-Qur’an dan kitab-kitab. Kegiatan keislaman yang dilaksanakan oleh Takmir di Mesjid Jamik AlFalah, Kota Sigli Kabupaten Pidie berupa penyelenggaraan ibadah shalat fardhu dan shalat jum’at, pemberdayaan anak yatim dan fakir miskin, menyelenggarakan kegiatan pendidikan TPA dan Madrasah, menyelenggarakan kegiatan sosial keagamaan seperti pelaksanaan kurban dan pelaksanaan akad nikah dan menyelenggarakan hari besar islam seperti maulid nabi, isra’ mi’raj dan sebagainya. Kendala Takmir dalam meningkatkan kapasitas keislaman masyarakat di Mesjid Jamik Al-Falah karena keterbatasan dana, kurangnya sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Drs. Maimun, M.Ag 2. Reza Muttaqin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran, Tahmir, Kapasitas Keislaman, Masyarakat, Mesjid Jamik Al-Falah.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.3 Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manuasia)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Said Abrar Akbar
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:17
Last Modified: 23 Dec 2019 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10537

Actions (login required)

View Item View Item
TOP