Prosedur Penyaluran Zakat Untuk Penderita Kanker, Thalessemia Dan Penyakit Kronis Lainnya Dari Keluarga Miskin Pada Baitul Mal Aceh

Sri Irma Yanti, 160601141 (2019) Prosedur Penyaluran Zakat Untuk Penderita Kanker, Thalessemia Dan Penyakit Kronis Lainnya Dari Keluarga Miskin Pada Baitul Mal Aceh. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Prosedur Penyaluran Zakat Untuk Penderita Kanker, Thalessemia Dan Penyakit Kronis Lainnya Dari Keluarga Miskin Pada Baitul Mal Aceh)
Sri Irma Yanti, 160601141, FEBI, D3PS, 082331677768.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyusunan laporan kerja praktik (LKP) ini berdasarkan kegiatan kerja praktik yang penulis lakukan pada Baitul Mal Aceh yang beralamat di Jalan T. Nyak Arif, Komplek Keistimewaan Aceh, Jeulingke Banda Aceh. Kerja praktik tersebut berlangsung selama tiga puluh empat hari masa kerja. Tahun 2016 Baitu Mal Aceh telah menyalurkan bantuan dalam program bantuan bagi penderita kanker, thalassemia dan penyakit lainnya khusus untuk kalangan asnaf miskin yang bertujuan membantu biaya dalam menjalankan pengobatan bagi penderita, sehingga dengan bantuan ini dapat meringankan beban keluarga dalam hal pengobatan sehingga dapat menjalankan kehidupan dengan baik. Adapun tujuan penulisan (LKP) ini adalah untuk mengetahui prosedur dan manfaat penyaluran zakat untuk penderita kanker, thalessemia dan penyakit kronis lainnya dari keluarga miskin pada Baitul Mal Aceh. Hasil penulisan Laporan Kerja Praktik (LKP) dapat disimpulkan prosedur yang dilakukan Baitul Mal Aceh pada program ini antara lain pengorganisasian, kriteria mustahik, kemudian jadwal kegiatan, pendataan, verifikasi dan validasi, penyaluran, dan juga alokasi pendistribusian. Saran penulis untuk Baitul Mal Aceh diharapkan dapat meningkatkan keaktifan, bekerja sama dengan rumah sakit atau puskesmas sehingga dapat mempermudah dalam memperoleh mustahik, dan mempermudah mustahik dalam hal prosedur penerimaan bantuan pada Baitul Mal Aceh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nevi Hasnita, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Inayatillah, MA.Ek
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial > 362.5 Masalah Pelayanan bagi orang Miskin
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Sri Irma Yanti
Date Deposited: 20 Dec 2019 07:36
Last Modified: 20 Dec 2019 07:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item View Item
TOP