Teologi Kerukunan Antar Umat Beragama Perspektif Abdurrahman Wahid

Putri Arisa, 321002841 (2015) Teologi Kerukunan Antar Umat Beragama Perspektif Abdurrahman Wahid. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Teologi Kerukunan Antar Umat Beragama Perspektif Abdurrahman Wahid)
Putri Arisa, 321002841, FUF, PA, 085297664864.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (852kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Teologi Kerukunan Antar Umat Beragama perspektif Abdurrahman Wahid. Abdurrahman Wahid adalah seorang yang dikenal sebagai tokoh yang sangat berpengaruh dalam memperjuangkan toleransi beragama di Indonesia. Pemikirannya banyak dikritik karena dianggap liberal. Oleh karena itu, pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Teologi Kerukunan Antar Umat Beragama menarik untuk diteliti. Skripsi ini mengkaji tentang bagaimana pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Teologi Kerukunan Antar Umat Beragama. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui teologi kerukunan antar umat beragama menurut Abdurrahman Wahid. Penelitian ini mengunakan metode studi kepustakaan (library research), yaitu deskriptif analisis, dengan merujuk pada sumber primer dan skunder. Maka seluruh data yang diperoleh dari studi atau telaah dari buku, tulisan ilmiah, serta beberapa literatur lainnya yang berkaitan dengan konsep teologi kerukunan antar umat beragama perspektif Abdurrahman Wahid. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa teologi kerukunan antar umat beragama perspektif Abdurrahman Wahid mempunyai manfaat dan nilai ganda yaitu usaha untuk pembentukan kerukunan beragama yang utuh secara kongkrit yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri, serta bagi manusia sekitarnya, di samping itu nilai teologi kerukunan antar umat beragama perspektif Abdurrahman Wahid mengajarkan saling pengertian antara satu dengan yang lain, serta menciptakan hubungan yang harmonis, saling membantu, dan saling menghargai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Syamsul Rijal, M. Ag Pembimbing II : Firdaus, M. Hum, M.si
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya > 2X4.98 Perbandingan Hukum Islam dengan Hukum Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Putri Arisa
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:39
Last Modified: 20 Dec 2019 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10544

Actions (login required)

View Item View Item
TOP