Persepsi Penumpang Transkoetaradja Terhadap Pesan-Pesan Persuasif Dinas Perhubungan Aceh

Chairunnisa, 140401149 (2019) Persepsi Penumpang Transkoetaradja Terhadap Pesan-Pesan Persuasif Dinas Perhubungan Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Persepsi Penumpang Transkoetaradja Terhadap Pesan-Pesan Persuasif Dinas Perhubungan Aceh]
Preview
Text (Persepsi Penumpang Transkoetaradja Terhadap Pesan-Pesan Persuasif Dinas Perhubungan Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penilitian ini diberi judul Persepsi Penumpang Transkoetaradja terhadap Pesan-pesan Persuasif Dinas Perhubungan Aceh. Adapun yang menjadi masalah penilitian ini adalah Pesan persuasif yang dituliskan oleh Dinas perhubungan Aceh pada bus Transkoetaradja yang bersifat mengajak atau untuk meyakinkan seseorang maupun khalayak demi mendapatkan kepercayaan tanpa paksaan dari pihak manapun. Dengan adanya pesan persuasif pada bus Transkoetaradja yang ditujukan untuk masyarakat agar menggunakan bus Transkoetaradja, dilihat dari fenomena yang terjadi pada lalu lintas, di mana bertambahnya pengguna kendaraan bermotor yang terus bertambah hingga menyebabkan kemacetan pada lalu lintas dan banyaknya terjadi kecelakaan di jalan raya hingga jumlah kecelakaan kendaraan terus meningkat. Dari permasalahan di atas maka penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan-pesan persuasif yang terdapat di bus Transkoetaradja dan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pesan persuasif Dinas Perhubungan. Dalam penilitian ini penulis menggunakan metode penilitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara informan dalam penelitian diambil secara prosedur purposive (teknik pengambilan sampel yang sesuai dengan kriteria terpilih yang relevan dengan masalah peneliti tertentu, prosedur purposif ini menggunakan key person. Key person yang digunakan sebagai informan disesuaikan dengan struktur sosial saat pengumpulan data dilakukan). Adapun hasil penilitian menunjukkan bahwa Pesan persuasif yang dituliskan oleh Dinas perhubungan Aceh pada bus Transkoetaradja adalah “Ayo naik bus biar nggak bikin macet” dan “utamakan keselamatan di jalan”. Adapun persepsi masyarakat terhadap pesan-pesan persuasfi yang ada pada bus Transkoetaradja disambut baik oleh masyarakat dengan banyaknya masyarakat yang mengetahui pesan tersebut dan pesan tersebut sangat efektif karena sudah banyak masyarakat yang menggunakan bus Transkoetaradja sehingga banyak yang merasakan manfaatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Drs. Syukri Syamaun, M.Ag 2. Fajri Chairawati S.Pd.I.,MA
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Transkoetaradja, pesan persuasif dan Dinas Perhubungan Aceh
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Chairunnisa Chairunnisa
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:45
Last Modified: 23 Dec 2019 04:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10553

Actions (login required)

View Item
View Item