Peran MPU dalam Membimbing Masyarakat terhadap Masalah Kesurupan di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

Marlisa Prayustu, 140402111 (2019) Peran MPU dalam Membimbing Masyarakat terhadap Masalah Kesurupan di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Peran MPU dalam Membimbing Masyarakat terhadap Masalah Kesurupan di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan)
Marlisa Prayustu.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini dirumuskan dalam bentuk pertanyaan “Bagaimana pandangan MPU terhadap adanya kasus kesurupan pada masyarakat di Kecamatan Kluet Utara Kbaupaten Aceh Selatan ?”, “Apa peran yang dapat dilaksanakan oleh MPU dalam menangani kasus kesurupan pada masyarakat di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan ?”, dan “Bagaimana pandangan dan kronologis masyarakat terhadap kepercayaan yang menyimpang dikarenakan kasus kesurupan pada masyarakat di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan ?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana padangan MPU terhadap adanyanya kasus kesurupan pada masyarakat, untuk mengetahui apa saja peran yang dapat dilaksanakan oleh MPU dalam kasus kesurupan, dan untuk mengetahui pandangan dan kronologis masyarakat terhadap kepercayaan yang menyimpang dikarenakan kasus kesurupan pada masyarakat di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data yang diperoleh dari lapangan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat yang mengalami kesurupan ini di sebut dengan jenis kesurupan patologis yaitu kesurupan yang menyebabkan stres atau gangguan pada individu. Kesurupan patologis ini terjadi secara tidak sadar dan tidak sesuai dengan norma yang diberlakukan pada masyarakat sekitar. Adapun yang menjadi faktor kesurupan itu adalah tekanan batin, beban pikiran, dan mental kurang kuat. Tanda-tanda orang keserupan ini sendiri salah satunya sering termenung, muka kusam, pandangannya berubah, dan mudah emosi. Masyarakat juga masih banyak mempercayai yang merasuki orang tersebut adalahroh orang-orang terdahulu yang sudah wafat atau orang-orang terdekat, dan juga ada beberapa masyarakat yang memperturutkan permintaan orang yang sedang kesurupan seperti memberikan tumbal, sesajian, dan menyembah kuburan keramat (kuburang aulia).Adapun proses penanganan orang kesurupan dengan membacakan ayat suci Al-Qur’an sambil memberikan bau-bauan yang tidak disukainya seperti bau bawang putih dan asap kemenyan. Didalam masalah ini sendiri peran MPU yang diberinya adalah dengan teknik pemberian ceramah/dakwah dalam bimbingan secara Islami atau penyuluhan Islam yang di lakukan pada masyarakat di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan, untuk menangani masyarakat yang sudah lari kepercayaan dari yang semestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Jamil Yusuf, M.Pd 2. M. Yusuf MY, S.Sos. I., MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.23 Materi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Marlisa Prayustu
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:17
Last Modified: 02 Jan 2020 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10575

Actions (login required)

View Item View Item
TOP