Zahriani, 140504011 (2017) Respon Pengguna terhadap Layanan Sirkulasi SMP Negeri 8 Banda Aceh. KKU thesis, http;//library.ar-raniry.ac.id.
KKU ZAHRIANI D3 AIP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Layanan sirkulasi ada di semua jenis perpustakaan yang menyelenggarakan kegiatan layanan karena layanan ini merupakan kegiatan utama penyelenggaraan layanan perpustakaan. Sering sekali disebutkan bahwa layanan sirkulasi merupakan indikator utama keberhasilan suatu perpustakaan. Hal ini berkaitan erat dengan respon pemustaka terhadap pustaka itu sendiri.
Respon pengguna merupakan konsekuensi dari perilaku yang sebelumnya sebagai tanggapan atau jawaban suatu persoalan atau masalah tertentu. Respon pengguna merupakan reaksi sosial yang dilakukan siswa atau pengguna dalam menanggapi pengaruh atau rangsangan dalam dirinya dari situasi pengulangan yang dilakukan orang lain.
Respon pengguna adalah sebuah tanggapan atau balasan baik positif maupun negatif yang harus diterima baik berupa lisan maupun tulisan. Kedua respon tersebut akan membawa perpustakaan itu untuk lebih berkembang dari sebelumnya.
Perpustakaan SMP Negeri 8 Banda Aceh merupakan salah satu perpustakaan yang tempatnya strategis karena terletak ditengah-tengah lingkungan sekolah SMP Negeri 8 Banda Aceh sehingga memudahkan bagi seluruh siswa untuk mengunjungi perpustakaan.
Di perpustakaan tersebut juga memiliki fasilitas terbatas walaupun lengkap dan tata ruangnya yang nyaman. Diantara fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna masing-masing yaitu berupa koleksi yang berhubungan dengan mata pelajaran untuk masing-masing kelas. Akan tetapi, juga tersedia koleksi penunjang yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna pustaka seperti buku-buku yang berhubungan dengan fiksi, non fiksi, serta bahan referensi seperti kamus dan atlas. Layanan sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 8 Banda Aceh memiliki kendala, diantaranya proses sirkulasi masih manual, batas waktu peminjaman koleksi terlalu singkat sehingga pengguna tidak memuaskan dengan jangka waktu peminjaman dan lain-lain. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis merasa tertarik untuk meneliti permasalahan ini dalam bentuk kertas karya dengan judul “Respon Pengguna Terhadap Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Smp Negeri 8 Banda Aceh
Item Type: | Thesis (KKU) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Nurrahmi, M.Pd 2. Fauziana, S.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Respon Pengguna, Layanan Perpustakaan, Sirkulasi |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.6 Jasa Sirkulasi |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > D3 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | zahriani 140504011 rini |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 04:22 |
Last Modified: | 19 Mar 2018 15:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1058 |