Peran Baitul Mal Dalam Mensosialisasikan Zakat Pertanian Kopi Di Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah

Maulisa Ulfa, 150403003 (2019) Peran Baitul Mal Dalam Mensosialisasikan Zakat Pertanian Kopi Di Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN ar-raniry.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Peran Baitul Mal Dalam Mensosialisasikan Zakat Pertanian Kopi Di Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah)
Maulisa Ulfa, 150403003, FDK, MD, 085220277132.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul : ”Peran Baitul Mal Dalam Mensosialisasikan zakat pertanian kopi di Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah”. Zakat merupakan salah satu rukun islam yang wajib untuk dilaksanakan bagi setiap muslim. Zakat yang dikeluarkan tentunya harus menurut syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syari'at islam. Tanaman kopi termasuk jenis usaha yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi, sehingga hasil panen tanaman kopi yang sudah mencapai nishab wajib dikeluarkan zakatnya. Namun dalam kenyataanya masyarakat di Kecamatan Silih Nara Kurang memahami tentang zakat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan baitul mal dalam mensosialisasikan zakat pertanian kopi kepada masyarakat aceh tengah di kecamatan silih nara, serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi baitul mal dalam mensosialisasikan zakat pertanian kopi.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian field reseach (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, obyek penelitian di kantor Baitul mal Aceh Tengah. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara pada narasumber dengan ketua bidang sosialisasi dan pembinaan, Imam kampung, serta petani kopi, data sekunder yaitu data dari buku profil dan dokumen-dokumen dari Baitul Mal. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara,observasi,dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis yaitu dengan menganalisis seluruh data yang terkumpul kemudian dipilah-pilah dan dikelompokkan sesuai dengan permasalahannya untuk mengetahui pandangan hukum islam dari praktek zakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan Baitul Mal dalam mensosialisasikan Zakat pertanian Kopi sangat signifikan terhadap pengetahuan masyarakat dalam mengeluarkan zakat pertanian kopi, karena itu bagian dari tanggung jawab Baitul Mal. Meskipun tanggung jawab ini di limpahkan kepada imam–imam di setiap kampung untuk memberikan pemahaman dan mensosialisasikan penting mengeluarkan zakat pertanian kopi agar lebih mudah dalam menginformasikan kepada masyarakatnya. Adapun upaya yang dilakukan Baitul Mal dalam mensosialisasikan zakat pertanian kopi agar masyarakat mengetahui dan memahami pentingnya mengeluarkan zakat pertanian kopi. Adapun kendalanya adalah masih banyak muzzaki yang memberikan langsung zakatnya kepada mustahik yang dianggapnya layak menerima zakat dan tanpa melalui amil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.1432 Zakat Pertanian, Perkebunan, Perikanan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Maulisa Ulfa
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:40
Last Modified: 31 Dec 2019 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10591

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP