Strategi Kepala Madrasah dalam Mempromosikan MTsS Darul Aman Aceh Besar

Riska Zulmayana, 140206125 (2018) Strategi Kepala Madrasah dalam Mempromosikan MTsS Darul Aman Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Strategi Kepala Madrasah dalam Mempromosikan MTsS Darul Aman Aceh Besar)
Riska Zulmayana, 140206125, FTK, MPI, 085396691811.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi promosi merupakan bagian yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, Promosi dilakukan untuk memperkenalkan product-product dari lembaga pendidikan atau bahkan lembaga pendidikan itu sendiri kepada masyarakat luas agar mereka mengetahui manfaat, kulitas dan kelebihan yang dimiliki oleh sekolah, visi-misi sekolah, program-program dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Untuk itu, sekolah dituntut untuk melakukan strategi jitu dalam menghadapi persaingan dengan sekolah lainnya, dengan tujuan agar masyarakat berminat untuk memilih pendidikan yang ditawarkan. Dalam membangun dan mengembangkan promosi atau komunikasi efektif ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu dimulai dengan membagikan brosur, memberikan informasi melalui media social lainya, menbangun komunikasi yang baik dengan masyarakat, mengadakan kegiatan, program yang bisa menarit minat masyarakat. Dalam pelaksanaanya, diperlukan kerja sama yang baik dari semua pihak agar promosi berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal atau sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam mempromosikan MTsS Darul Aman Aceh Besar, Untuk mengetahui bagaimana proses dalam melakukan promosi MTsS Darul Aman Aceh Besar, Metode Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kulitatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala Madarasah, dan guru-guru sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dukumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepala madrasah dalam mempromosikan MTsS Darul Aman sudah baik, ini terlihat dari strategi yang dilakukan pada saat penerimaan siswa baru. Adapun strategi yang dilakukan kepala madrasah di antaranya menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitarnya, memberikan informasi melalui media brosur, iklan, dan media lainya, menbangun kegiatan, program yang diperlombakan di event untuk menarik minat masyarakat terhadap pendidikan yang ditawarkan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Faisal, M,Ag Pembimbing II : Ainul Mardhiah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Madrasah, Promosi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Riska Zulmayana
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:45
Last Modified: 31 Dec 2019 01:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10595

Actions (login required)

View Item View Item
TOP