Pelaksanaan Pembelajaran PAI dalam Bidang Al-Qur’an Hadits di SMAN Krueng Barona Jaya

Nurbaizah, 211121032 (2016) Pelaksanaan Pembelajaran PAI dalam Bidang Al-Qur’an Hadits di SMAN Krueng Barona Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang bagaimana kemampuan bagi siswa dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari Al-Qur’an Hadits]
Preview
Text (Membahas tentang bagaimana kemampuan bagi siswa dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari Al-Qur’an Hadits)
Nurbaizah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw melalui malaikat jibril sebagai petunjuk kepada umat manusia, mempelajari Al-Qur’an Hadits menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Keduanya merupakan sumber hukum agama Islam. Begitu pula dalam pendidikan Islam sangat menganjurkan kaum muslim untuk mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an Hadits agar dapat memiliki kepribadian seorang muslim. Pengetahuan dan pemahaman tersebut dapat di peroleh pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Dalam hal ini SMA Negeri Krueng Barona Jaya mempunyai tujuan untuk memberikan kemampuan bagi siswa dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari Al-Qur’an Hadits. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam bidang Al-Qur’an Hadits dan Metode apa yang diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMAN Krueng Barona Jaya. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, lima orang guru Al-Qur’an Hadits dan 15 siswa kelas xII mia 2, dan 15 siswa xII mia 3 SMA Negeri Krueng Barona Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMA Negeri Krueng Barona Jaya sudah ada kemajuan dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, merumuskan tujuan pembelajaran, juga menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI dalam bidang Al-Qur’an Hadits berjalan dengan sempurna dan Metode yang diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMAN Krueng Barona Jaya sudah memadai, dan siswa sudah mengamalkan ajaran Al-Qur’an Hadits dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Bachtiar Ismail. MA; NIP.197102231996032001 2.IsnaWardatul Bararah, M.Pd; NIP.197109102007012025
Uncontrolled Keywords: Pendidikan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:32
Last Modified: 24 Jul 2017 09:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item
View Item