Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Protista Kelas X SMAN 1 Kota Bahagia Aceh Selatan

Masrianti, 281324857 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Protista Kelas X SMAN 1 Kota Bahagia Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share  Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Protista Kelas X SMAN 1 Kota Bahagia  Aceh Selatan]
Preview
Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Protista Kelas X SMAN 1 Kota Bahagia Aceh Selatan)
Masrianti, 281324857, FTK, PBL, 082272786068.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan peserta didik. Secara implisit dalam pembelajaran terdapat kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai hasil pembelajaran yang pada kondisi pembelajaran yang ada. Kegiatan-kegiatan tersebut pada dasarnya merupakan inti dari perencanaan pembelajaran. Proses pembelajaran di sekolah SMA N 1 Kota Bahagia ini khususnya pada materi Protista guru Biologi di sekolah ini masih menggunakan metode ceramah dan mendikte sehingga aktivitas siswa untuk belajar masih kurang aktif, akibatnya penguasaan konsep siswa akan materi Protista masih rendah pula. Penguasaan konsep yang masih rendah akan berpengaruh pada pencapaian hasil belajar yang masih kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Kota Bahagia dengan penerapan model TPS pada materi Protista. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pree test dan post test group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kota Bahagia yang terdiri dari 2 kelas. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel dengan menggunakan Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel yang berdasarkan pada pertimbangan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X2 yang merupakan kelas eksperimen yang diuji dengan menggunakan model kooperatif Think Pair Share.Pengumpulan data aktivitas menggunakan lembar observasi dan hasil belajar siswa dengan soal tes, serta analisis data aktivitas siswa menggunakan persentase aktivitas belajar, sedangkan hasil belajar dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas siswa tergolong sangat aktif yaitu 84,6%. Hasil belajar siswa diperoleh nilai pree test yaitu 45,45 sedangkan nilai post test 80,9. Hasil analisis uji t diperoleh thitung 23,021 sedangkan ttabel 1,721 sehingga thitung ≥ ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model TPS menunjukkan aktivitas belajar siswa tergolong sangat aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Kota Bahagia pada materi Protista.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Zuraidah, M.Si 2. Nurasiah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model TPS, Aktivitas belajar siswa, Hasil belajar siswa, Protista
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Masrianti Masrianti
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:54
Last Modified: 31 Dec 2019 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10609

Actions (login required)

View Item
View Item