Pengelolaan Media Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Sambinoe Takengon Aceh Tengah

Maisyarah, 271324778 (2017) Pengelolaan Media Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Sambinoe Takengon Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.

[thumbnail of Pengelolaan Media Pembelajaran PAUD]
Preview
Text (Pengelolaan Media Pembelajaran PAUD)
full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nama : Mai Syarah
Nim : 271324778
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/ Manajemen Pendidikan Islam
Pembimbing I : Fatimah Ibda, M.Si
Pembimbing II : Mumtazul Fikri, M.A
Judul : Pengelolaan Media Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Sambino Takengon, Aceh Tengah
Tanggal Sidang : 16 Juni 2017
Kata Kunci : Pengelolaan Media Pembelajaran Anak Usia Dini

Pengelolaan media pembelajaran anak usia dini dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan media sebagai penyaluran pesan-pesan dan penyajian informasi sehingga informasi yang disampaikan kepada anak usia dini dapat diterima dan diserap anak dengan baik. Permasalahan yang ada dilapangan, media yang digunakan belum dapat menarik perhatian anak usia dini secara maksimal, keterbatasan media pembelajaran disebabkan oleh kurangnya pemeliharaan terhadap media yang tersedia dan sumber pengadaan media sangat terbatas. Tujuan dalam penelitian skripsi ini ialah: Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media pembelajaran anak usia dini di TK Sambinoe, Takengon Aceh Tengah. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pengelolaan media pembelajaran anak usia dini di TK Sambinoe, Takengon Aceh Tengah. Untuk mengetahui bagaimana solusi terhadap kendala yang terjadi dalam pengelolaan media pembelajaran anak usia dini di TK Sambinoe, Takengon Aceh Tengah. Penelitian ini bersifat kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah dan 4 (empat) Guru. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan media pembelajaran yang meliputi pengadaan dilakukan dengan pembelian barang, penerimaan bantuan/sumbangan dan pemanfaatan DBO. Penggunaan media dilakukan secara kelompok, individual dan klasikal. Dan pemeliharaan dilakukan secara individual. Kekurangan media pembelajaran merupakan kendala yang dihadapi guru, hal ini disebabkan oleh keterbatasan dana dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam pengadaan dan pemeliharaan media pembelajaran anak. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut guru memanfaatkan lingkungan alam dan kreatifitas guru sebagai sumber belajar. Pengelolaan media pembelajaran yang dilakukan di TK Sambinoe belum berjalan secara maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya kerjasama sekolah dengan masyarakat.
Kata kunci : Pengelolaan Media Pembelajaran Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. pembimbing I Fatimah Ibda, M. Si. NIP. 197110182000032002 2. Pembimbing II Mumtazul Fikri, MA. NIP. 19820532009011007
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Media Pembelajaran Anak Usia Dini
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 271324778 maisyarah
Date Deposited: 05 Oct 2017 08:05
Last Modified: 05 Oct 2017 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item
View Item