Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMPN 1 Peukan Pidie

Maulina, 140205102 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMPN 1 Peukan Pidie. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMPN 1 Peukan Pidie]
Preview
Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMPN 1 Peukan Pidie)
Maulina, 140205102, FTK, PMA, 085277045655.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Siswa yang memiliki pemahaman konsep yang baik maka dapat mengaplikasikan konsep tersebut dengan baik. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan, pemahaman konsep matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika adalah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika setelah diterapkan model kooperatif tipe group investigation dan untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan model kooperatif tipe group investigation dengan yang diterapkan pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 1 Peukan Pidie. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pretest posttest equivalent group design. Sampel penelitian terdiri dari 24 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman konsep matematika siswa. (1) Hasil uji paired sample t test diperoleh thitung = 5,12 dan ttabel = 1,71 maka thitung > ttabel, hal ini berarti terima H1 tolak H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. (2) Hasil uji t independent diperoleh bahwa thitung = 1,93 dan ttabel = 1,68 atau 1,93>1,68 sehingga H0 ditolak dan terima H1, berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. H. Adnan Ismail, M. Pd Pembimbing II : Susanti, S. Pd.I, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Group Investigation, Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulina Maulina
Date Deposited: 31 Dec 2019 04:31
Last Modified: 31 Dec 2019 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item
View Item