Manajemen Risiko Pembiayaan Usaha Mikro Dengan Jaminan Sertifikat Tanah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh

Dewi Tursina, 150601008 (2019) Manajemen Risiko Pembiayaan Usaha Mikro Dengan Jaminan Sertifikat Tanah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Manajemen Risiko Pembiayaan Usaha Mikro Dengan Jaminan Sertifikat Tanah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda  Aceh]
Preview
Text (Manajemen Risiko Pembiayaan Usaha Mikro Dengan Jaminan Sertifikat Tanah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh)
LKP FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan Kerja Praktik pada PT. CPS Banda Aceh yang beralamat di JL. Imam Bonjol No.14, Blang Padang, Banda Aceh. PT. CPS merupakan lembaga keuangan yang berfungsi menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Semakin tinggi hasil yang diharapkan, semakin besar risiko yang akan muncul, untuk itu diperlukan upaya yang serius untuk menanganinya. Adapun tujuan dari Laporan Kerja Praktik ini ialah untuk mengetahui manajemen risiko pembiayaan usaha mikro dengan jaminan Sertifikat Tanah pada PT. CPS Banda Aceh. Dan mengetahui bagaimanan sistem dan prosedur produk Sertifikat Tanah pada PT. CPS Banda Aceh. Kesimpulannya bahwa manajemen risiko pembiayaan usaha mikro dengan jaminan Sertifikat Tanah sudah dilakukan dengan baik, seperti melakukan pemeriksaan terhadap berkas permohonan nasabah dan juga melakukan kunjungn rutin untuk memantau perkembangan usaha nasabah, dan risiko yang sering terjadi ialah nasabah yang tidak mau membayar angsuran dan juga risiko meninggal dunia, sehingga pihak pegadaian melakukan penyelesaian masalah secara bertahap-tahap yang telah menunggak atau jatuh tempo . Adapun saran yang ingin penulis sampaikan kepada pihak PT. CPS Banda Aceh dalam memberikan pembiayaan usaha mikro dengan jaminan Sertifikat Tanah kepada masyarakat sebaiknya petugas lebih memperhatikan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing I : Inayatillah, MA. EK Pembimbing II : Isnaliana, MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.225 Rahm (Pegadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Dewi Tursina
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:48
Last Modified: 02 Jan 2020 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10616

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item