Peran Dinas Syari’at Islam dalam Memberikan Penyuluhan Agama terhadap Remaja Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues

Tirta Wahyuni, 140402010 (2019) Peran Dinas Syari’at Islam dalam Memberikan Penyuluhan Agama terhadap Remaja Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Peran Dinas Syari’at Islam Dalam Memberikan Penyuluhan Agama Terhadap Remaja Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)
Tirta Wahyuni, 140402010, FDK, BKI, 081327820491.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan peran Dinas Syari’at Islam dalam memberikan penyuluh agama terhadap remaja (studi kasus pada Kantor Dinas Syari’at Islam Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues). Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran Dinas Syari’at Islam dalam memberikan Penyuluhan Agama kepada remaja Kabupaten Gayo Lues. Apa saja kendala yang dihadapi oleh Dinas Syari’at Islam dalam melakukan penyuluhan agama dan bagaimana hasil penyuluhan Agama yang telah dilakukan oleh Dinas Syari’at Islam. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui bagaimana peran Dinas Syari’at Islam dalam memberikan penyuluhan agama terhadap remaja Kabupaten Gayo Lues, kedua, untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi Dinas Syari’at Islam dalam melakukan penyuluhan agama, ketiga, mengetahui hasil apa saja yang tercapai setelah dilakukannya penyuluhan agama oleh dinas syari’at Islam. Adapun penghambat Dinas Syari’at Islam dalam memberikan penyuluhan agama kepada remaja ada faktor internal dan eksternal. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (deskriftif analisis). Data dikumpulakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penyuluhan kesekolah diadakan oleh Dinas Syari’at Islam setahun sekali sedangkan bimbingan untuk remaja dilakukan enam kali dalam satu bulan, waktu bimbingan dalam bentuk pelatihan maksimal 3 hari. Hasil penyuluhan ini berdampak positif yaitu kesadaran remaja terhadap pentingnya agama, dan remaja lebih luas mengetahui tentang ruang lingkup syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Miumun, M.Ag 2. M. Yusuf.MY, S.Sos.I., MA
Uncontrolled Keywords: Dinas Syari’at Islam, Penyuluhan Agama, Remaja
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology, Causation, Humankind (Epistemologi, Hukum Sebab Akibat, Kemanusiaan)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Tirta Wahyuni
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:18
Last Modified: 02 Jan 2020 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10619

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP