Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung dalam Upacara Peusijuk di Kecamatan Labuhan Haji Timur Kabupaten Aceh Selatan.

M. Rifki Andika, 211323793 (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung dalam Upacara Peusijuk di Kecamatan Labuhan Haji Timur Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung dalam Upacara Peusijuk di Kecamatan Labuhan Haji Timur Kabupaten Aceh Selatan.]
Preview
Text (Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung dalam Upacara Peusijuk di Kecamatan Labuhan Haji Timur Kabupaten Aceh Selatan.)
M. Rifki Andika.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung dalam Upacara Peusijuk di Kecamatan Labuhan Haji Timur Kabupaten Aceh Selatan”, bertujuan untuk mengetahui ritual Peusijuk sangat diidentik dengan perilaku sakral dan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam upacara Peusijuk di Kecamatan Labuhan Haji Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri tokoh adat yang terdapat pada masing-masing lembaga adat dalam Kecamatan Labuhan Haji Timur sebagai sampel penelitian seperti pihak Kantor Urusan Agama (KUA), tokoh pemuka agama dan adat Kecamatan Labuhan Haji Timur yang memiliki pengetahuan terkait objek kajian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Praktek upacara Peusijuk di Kecamatan Labuhan Haji Timur, Kabupaten Aceh Selatan dianggap sakral karena masyarakat upacara atau adat tradisional simbolik dari permohonan keselamatan, ketentraman, kesejukan, kebahagiaan, persatuan, pemuliaan dan saling memaafkan. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam upacara Peusijuk di Kecamatan Labuhan Haji Timur, Kabupaten Aceh Selatan dapat terlihat dengan adanya unsur pendidikan Islam seperti nilai Akidah, Syariah dan ahklak. Nilai akidah berupa pengangungan terhadap Allah SWT melalui rasa syukur atas apa yang telah diberikan kepada masyarakat seperti anugrah istri, kemudahan rezeki, rumah tempat tinggal dan sebagainya. Nilai pendidikan syari’at dalam tradisi Persijuk terlihat dengan adanya anjuran agar pelaksanaan berbagai upacara adat disesuikan dengan anjuran agama Islam yang benar, yakni menghindari berbagai budaya yang dilarang dalam Islam seperti mengadakan rapai debus dan kibot saat mengadakan acara perkawinan, sunah rasul dan lainnya. Sedangkan nilai akhlak dalam tradisi Peusijuk masyarakat Labuhan Haji Timur terlihat betapa pentingnya sikap dan perilaku bersyukur atas pemberian Allah SWT bagi mereka yang mendapatkan rahmat Tuhan seperti rezeki yang mudah serta dujauhkan dari musibah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Saifullah Isri, S.Pd, MA Pembimbing II : Abdul Haris Hasmaar, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, Upacara Peusijuk
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Rifki Andika
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:22
Last Modified: 03 Jan 2020 08:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item
View Item