Pembelajaran Shalat Bagi Murid Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bunda Syaifullah Meutuah (SLB YBSM) Banda Aceh

Zaina Qaryati, 150201207 (2019) Pembelajaran Shalat Bagi Murid Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bunda Syaifullah Meutuah (SLB YBSM) Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pembelajaran Shalat Bagi Murid Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bunda Syaifullah Meutuah (SLB YBSM) Banda Aceh]
Preview
Text (Pembelajaran Shalat Bagi Murid Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bunda Syaifullah Meutuah (SLB YBSM) Banda Aceh)
Zaina Qaryati, 150201207, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan faktor penting dalam kehidupan. Pendidikan bukan hanya dikhususkan bagi anak normal tetapi juga bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Perbedaan anak normal dengan anak berkebutuhan khusus memiliki kelainan yang sedemikian rupa, sehingga bagi ABK memerlukan pelayanan pendidikan luar biasa. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode, tehnik dan strategi guru dalam proses pembelajaran shalat bagi murid tunarungu dan menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran shalat bagi murid tunarungu di SLB-YBSM Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif-evaluatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa metode belajar yang digunakan ialah demonstrasi dan tanya jawab, sedangkan teknik dan strateginya ialah oral bibir dan bahasa isyarat. kendala dalam mengajarkan ABK shalat di rumah dari hasil angket dengan nilai persentase 100% dipengaruhi keterbatasan penguasaan bahasa anak tunarungu. faktor pendukung dalam pembelajaran shalat ialah semangat dan rasa ingin tahu murid tentang shalat, faktor penghambat ialah guru bidang studi PAI tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dikuasainya, orang tua masih belum menjalankan peran dan tanggung jawabnya serta keterlambatan murid dalam memahami sesuatu dan keterbatasan fasilitas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran shalat bagi ABK telah dilaksanakan dengan baik di sekolah, namun keterbatasan penguasaan bahasa anak menjadi kendala dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA Pembimbing II : Syafruddin, S.Ag. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, shalat dan Tunarungu
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zaina Qaryati
Date Deposited: 06 Jan 2020 01:10
Last Modified: 06 Jan 2020 01:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10652

Actions (login required)

View Item
View Item