Persepsi Masyarakat Terhadap Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Kluet Selatan, Aceh Selatan)

Safrawi, 431307352 (2019) Persepsi Masyarakat Terhadap Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Kluet Selatan, Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Persepsi Masyarakat Terhadap Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Kluet Selatan, Aceh Selatan))
Safrawi, 431307352, FDK, MD, 082304130268_opt.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (183MB) | Preview

Abstract

Dalam Islam membayar zakat merupakan suatu kewajiban yang harus ditunaikan apabila harta yang dimiliki sudah mencapai nisab. Seperti halnya zakat harta yang harus disalurkan pada Lembaga Baitul Mal. Baitu Mal merupakan lembaga resmi sebagai lembaga amil zakat yang memiliki peraturan dan hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi Masyarakat Kecamatan Kluet Selatan terhadap Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan, dan untuk mengetahui bagaimana partisipasi Masyarakat Kecamatan Kluet Selatan dalam penyaluran zakat di Baitul Mal Aceh Selatan, serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi Baitul Mal Aceh Selatan dalam operasional pengelolaan zakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan, serta juga melakukan wawancara mendalam dengan Tokoh Masyarakat Kecamatan Kluet Selatan dan Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi Masyarakat Kecamatan Kluet Selatan terhadap Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan sudah berjalan dengan baik, seperti penyaluran dana zakat sudah tersalur kepada para mustahik. Sedangkan partisipasi Masyarakat Kecamatan Kluet Selatan dalam penyaluran zakat di Baitul Mal Aceh Selatan belum maksimal, terlihat dari kesadaran masyarakat yang masih rendah dalam membayar zakat di Lembaga Baitul Mal Aceh Selatan, dikarenakan oleh jarak Kantor Baitul Mal yang sangat jauh, serta kurangnya sosialisasi dari pihak Baitul Mal ke Masyarakat Kecamatan Kluet Selatan. Kendala yang dihadapi Baitul Mal Aceh Selatan dalam operasional pengelolaan zakat, minimnya dana yang terkumpul dari masyarakat, karena masyarakat yang membayar zakat harta pada Lembaga Baitul Mal Aceh Selatan belum maksimal. Hal tersebut disebabkan kurangnya sosialisasi pada masyarakat Kabupaten Aceh Selatan karena faktor keketerbatasan biaya operasional yang dimiliki oleh Lembaga Baitul Mal Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Drs. Mahmuddin, M.Si 2. Drs. H. Maimun Ibrahim, MA
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, ZIS, Baitul Mal
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Safrawi Safrawi
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:38
Last Modified: 06 Jan 2020 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10658

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP