Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Mutia, 150205101 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan  Model  Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama)
Mutia, 150205101, FTK, PMA, 082362967094.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran karena guru masih menjadi pusat dari pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger dengan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dengan sampel terdiri dari 20 peserta didik kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan data N-Gain dengan bantuan SPSS versi 22.0 menggunakan uji t-independent didapatkan nilai signifikannya 0,00, sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diterapkan model pembelajaran Treffinger lebih baik dari pada peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Adapun hasil analisis tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis untuk masing-masing kategori menunjukkan bahwa 15% peserta didik mencapai kategori sangat kurang, 25% berada pada kategori kurang, 10% berada pada katagori cukup, 30% berada pada katagori baik dan 20% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan analisis tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi lebih baik setelah diterapkan model pembelajaran Treffinger.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman, M. Pd Pembimbing II : Muhammad Yani, S.Pd.I., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pemelajaran Treffinger, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mutia tia mutia
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:53
Last Modified: 06 Jan 2020 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10660

Actions (login required)

View Item
View Item