Model Komunikasi Bisnis Pengusaha Kerawang Gayo

Lia Rahmawati Azmi, 150401064 (2019) Model Komunikasi Bisnis Pengusaha Kerawang Gayo. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Model Komunikasi Bisnis Pengusaha Kerawang Gayo)
Lia Rahmawati Azmi, 150401064, FDK, KPI, 081273374703.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Model Komunikasi Bisnis Pengusaha Kerawang Gayo.” Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana model komunikasi bisnis yang digunakan oleh pengusaha kerawang Gayo dalam menjalankan bisnisnya serta hambatan yang dihadapi pengusaha kerawang Gayo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi bisnis yang digunakan oleh pengusaha kerawang Gayo dalam menjalankan bisnisnya serta hambatan yang dihadapi pengusaha kerawang Gayo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu diawali dengan melakukan obsevasi langsung ke lapangan untuk melihat proses komunikasi bisnis yang dilakukan pengusaha kerawang dan mewawancara pengusaha kerawang khususnya yang berada di kampung Bebesen, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Hasil dari penelitian yang didapat, peneliti menemukan bahwa pengusaha kerawang Gayo menggunakan dua model komunikasi bisnis yaitu komunikasi bisnis interksional dan transaksional. Model komuniaksi bisnis interaksional digunakan pengusaha untuk memperkenalkan produk kerawang dan menarik minat pembeli, memberikan informasi serta kalimat persuasif kepada pembeli kerawang. Pengusaha kerawang juga menggunakan model komunikasi bisnis interaksional saat berkomunikasi dengan karyawan dan menggunakan model komunikasi bisnis transaksional dalam menjalankan hubungan baik dengan pengusaha lain dan konsumen,yaitu saat pengusaha melakukan komunikasi dengan pembeli untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada pembeli atau konsumen misalnya tentang perbandingan harga. Sedangkan hambatan yang dihadapi pengusaha kerawang Gayo dalam menjalankan bisnisnya adalah respon pembeli yang membandingkan harga produk kerawang, bergantung pada karyawan, bahasa, pemadaman listrik dan modal. Hambatan-hambatan tersebut dapat diantisipasi oleh pengusaha kerawang itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Drs. Yusri, M. LIS 2. Rusnawati, S.Pd., M.Si,
Uncontrolled Keywords: Model komunikasi, Komunikasi Bisnis, Pengusaha, Kerawang Gayo
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lia Rahmawati Azmi
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:03
Last Modified: 06 Jan 2020 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10661

Actions (login required)

View Item View Item
TOP