Tinjauan Yuridis Terhadap Restribusi Parkir dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Banda Aceh (Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah)

Rifaul Fazaki, 140106029 (2020) Tinjauan Yuridis Terhadap Restribusi Parkir dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Banda Aceh (Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text
Rifaul Fazaki, 140106029, FSH, IH, 081221064596.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nama : Rifaul Fazaki
NIM : 140106029
Fakultas/Prodi : Syariah Dan Hukum/ Ilmu Hukum
Judul : Tinjauan Yuridis Terhadap Retribusi Parkir dalam Meningkatkan Pendapatan Asli daerah di kota Banda Aceh (Ditinjau dari Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah)
Tebal Halaman : 70
Pembimbing I : Sitti Mawar, S.Ag.,MH
Pembimbing II : M. Iqbal., SE., MM
Kata kunci : Tinjauan yuridis terhadap Retribusi Parkir dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

Retribusi adalah pembayaran dari penduduk kepada Negara karena adanya jasa tertentu yang diberikan oleh negara bagi penduduknya secara perorangan. Sementara itu menurut pasal 1 angka 64 Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Salah satu contoh retribusi adalah retribusi pelayanan parkir yang disediakan oleh pemerintah dan dikelola oleh pemerintah. Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis memfokuskan masalah yang akan diteliti sebagai berikut: bagaimana Pengelolaan Retribusi Parkir dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Banda Aceh dan bagaimana tinjauan yuridis terhadap retribusi parkir dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dilihat dari Undang-undang Nomor 28 tahun 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang efektivitas dalam meningkatkatkan pendapatan asli daerah di kota Banda Aceh dan kendala apa saja yang terjadi dalam implementasi Undang-undang yg diatur. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian lapangan dan penelitian pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, wawancara, dan dokumen. Lokasi penelitian ini adalah dikota Banda Aceh yang merupakan Ibukota provinsi di Aceh yang merupakan salah satu kota yang menjadi kunci faktor peningkatan pendapatan asli daerah dari sektor Perpakiran. Dalam penelitian ini, penulis mendapati bahwa dalam pengelolaan retribusi parkir di kota banda aceh masih sangat kurang efektif dikarenakan masih banyak parkir liar, dan seharusnya pendapatan asli daerah meningkat malah kurang tercapai, dikarenakan beberapa faktor dari pengawasan parkir liar di kota banda aceh tidak tegas dalam menangani juru parkir liar tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 345 Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Rifaul Fazaki Rifa
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:59
Last Modified: 06 Jan 2020 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item
TOP