Nasti Julita, 271121515 (2017) Pola Interaksi Guru Bimbingan Konseling dan Siswa di SMA N I Bandar Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN ar-raniry Banda Aceh.
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Pola interaksi siswa di sekolah mencakup kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan guru, teman dan lingkungan sekolah. Melalui pola interaksi ini, diharapkan terjadinya sebuah perubahan pada diri siswa, baik dalam bersikap, bertutur kata, bertingkah laku, berpikir, bersosialisasi dan bergaul dengan teman sebayanya. Sasaran yang dapat dilihat dari hasil pola interaksi antara guru BK dengan siswa yaitu ketika siswa bergaul di sekolah. Permasalahan yang terjadi di sekolah ini adalah pola interaksi yang terjadi antara guru BK dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari siswa jarang menyapa guru, etika siswa masih kurang sopan, terdapat kelompok-kelompok geng siswa dan rasa kepedulian siswa masih kurang antara satu siswa dengan siswa yang lainnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola interaksi guru BK dan siswa dalam pemberian layanan bimbingan konseling di SMA Negeri 1 Bandar Bener Meriah dan jenis layanan bimbingan yang diberikan guru BK kepada siswa di SMA Negeri 1 Bandar Bener Meriah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi guru BK dan siswa dalam pemberian layanan bimbingan konseling di SMA Negeri 1 Bandar Bener Meriah berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, antara guru dan siswa saling menghargai dan siswa mematuhi segala aturan di sekolah. Apabila terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat, maka dapat diselesaikan secara damai dan bijaksana. Jenis layanan bimbingan yang diberikan guru BK kepada siswa di SMAN 1 Bandar Bener Meriah adalah layanan orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, belajar, konseling perorangan, konseling kelompok, bimbingan kelompok, penguasaan konten, mediasi dan layanan konsultasi. Semua jenis layanan tersebut disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing 1. Drs. Yusri M.daud, M.pd; NIP. 196303031983031003 2. Sri Mutia M.pd; NIP. - |
Uncontrolled Keywords: | Pola Interaksi, Bimbingan Konseling, Pemberian Layanan |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | nasti julita |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 09:13 |
Last Modified: | 19 Mar 2018 16:04 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1067 |