Peran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Sabang Dalam Menerapkan Kearifan Lokal Kepada Wisatawan Di Kota Sabang

Rizki Saputra, 150403028 (2019) Peran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Sabang Dalam Menerapkan Kearifan Lokal Kepada Wisatawan Di Kota Sabang. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Sabang Dalam Menerapkan Kearifan Lokal Kepada Wisatawan Di Kota Sabang)
SKRIPSI RIZKI SAPUTRA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Peran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang Dalam Menerapkan Kearifan Lokal Kepada Wisatawan di Kota Sabang “. Peran dapat diartikan sebagai konsep pelaksanaan tanggung jawab. Dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang merupakan suatu lembaga yang berada dalam wewenang Pemerintah Daerah yang memiliki tugas dan tanggung dalam mengelola sistem kepariwisataan Kota Sabang . Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana peran dinas pariwisata dan kebudayaan kota Sabang dalam memajukan wisata bahari di kota Sabang, (2) bagaimana upaya dinas pariwisata dan kebudayaan kota Sabang dalam menerapkan kearifan lokal kepada wisatawan di kota Sabang, (3) bagaimana peluang dan tantangan dinas pariwisata dan kebudayaan kota Sabang dalam menerapkan kearifan lokal kepada wisatawan di kota Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dinas pariwisata dan kebudayaan kota Sabang dalam menerapkan kearifan lokal kepada wisatawan di kota Sabang dan pandangan pemerintah gampong, tokoh adat, serta Imam terhadap peran dinas pariwisata dan kebudayaan kota Sabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan metode yang digunakan yaitu meode deskriptif dengan mengambarkan fenomena yang ditemukan di lapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan responden penelitian, observasi serta dokumentasi. Jenis penelitan lapangan dan perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinas pariwisata dan kebudayaan kota Sabang sangat berperan dalam menerapkan kearifan lokal kepada wisatawan di kota Sabang dengan adanya kearifan lokal maka dapat meningkatkan promosi destinasi pariwisata kota Sabang sehingga objek wisata kota Sabang lebih dikenal oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dr. Juhari, M. Si 2. Raihan, S.Sos.I,. MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Rizki Saputra
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:12
Last Modified: 07 Jan 2020 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10673

Actions (login required)

View Item View Item
TOP