Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Kluet Tengah

Siti Kasdum, 140204161 (2019) Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Kluet Tengah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Kluet Tengah]
Preview
Text (Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Kluet Tengah)
Siti Kasdum, 140204161, FTK, PFS, 082274442262.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurangnya minat peserta didik untuk belajar materi fluida statis menjadi pemicu penyebab peserta didik tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran, pendidik tidak menggunakan model yang tepat untuk kegiatan pembelajaran. Sehingga keterampilan proses sains (KPS) peserta didik masih rendah, maka dari itu perlu kegiatan pembelajaran yang bisa melatih KPS peserta didik. Salah satu solusi adalah dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan project based learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi fluida statis di SMA Negeri 1 Kluet Tengah. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimental dengan design penelitian non equivalent pretest-posttestcontrol group design yang melibatkan kelas eksperimen XI IPA1 dan kelas kontrol XI IPA2. Instrumen pada penelitian digunakan adalah soal tes dan di analisis melalui statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi fluida statis di SMA Negeri 1 Kluet Tengah dimana thitung> ttabel yaitu 12,64 > 2,00, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi fluida statis di SMA Negeri 1 Kluet Tengah pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II : Hafizul Furqan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Pengaruh, Keterampilan Proses Sains
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Siti Kasdum
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:03
Last Modified: 07 Jan 2020 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item
View Item