Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektro Mekanik Di Kelas X SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar

Athfalul Faizi, 140211013 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektro Mekanik Di Kelas X SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektro Mekanik Di Kelas X SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar)
Athfalul Faizi, 140211013, FTK, PTE, 082274438502.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh sekolah yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat peserta didik tidak mampu peningkatan kompetensi dengan pembelajaran yang berbasis Project. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektro mekanik di kelas X SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Model pembelajaran ini adalah pembelajaran berbasis project yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja project. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Teknik Instalasi Tenaga listrik pada SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar, metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan one group pre-test post-test dan angket. Pengumpulan data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test dengan softwere SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap peserta didik menggunakan pre-test dan post-test memiliki nilai rata-ratanya berbeda, pada test-pre test 30.33 dan post-test 68.6 , berdasarkan pengambilan keputusan dalam uji normalitas dengan nilai signifikat > 0.05 sehingga penelitian ini dapat dinyatakan telah berdistribusi normal, pada presentase data angket menunjukkan bahwa setiap butir soal peserta didik berdominan merespon dengan respon positif 79.17 % sedangkan respon negatif sebanyak 20.83 %, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dan layak diterapkan di kelas X pada SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, S.Ag, M. Ag. Pembimbing II : Ghufran Ibnu Yasa, M.T.
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kompetensi Peserta Didik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Athfalul Faizi
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:30
Last Modified: 07 Jan 2020 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item
TOP