Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Inkuiri Pada Siswa SMP

Nuria Juwita, 140205009 (2019) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Inkuiri Pada Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis  Melalui Model Inkuiri Pada Siswa SMP]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Inkuiri Pada Siswa SMP)
Nuria Juwita, 140205009, FTK, PMA, 085261028020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa agar siswa dapat menjelaskan konsep, menjelaskan keterkaitan antar konsep, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Kenyataannya, kemampuan pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep adalah dengan menerapkan model inkuiri pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep setelah diterapkan model inkuiri, (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang diterapkan model inkuiri dan yang diterapkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain control group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dengan nilai rata-rata N-Gain nya 0,60 yang tergolong “sedang”, dan berdasarkan uji paired sampel t-test diperoleh t_hitung>t_tabel, atau 16,38>1,73, (2) berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh nilai t_hitung>t_tabel, atau 2,47>1,69, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep yang dibelajarkan model inkuri lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M.Kes. Pembimbing II : Susanti, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nuria Juwita
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:43
Last Modified: 09 Jan 2020 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10686

Actions (login required)

View Item
View Item