Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Ar-Raniry

Rahmi Ananda Putri, 140401069 (2019) Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Ar-Raniry)
Rahmi Ananda Putri, 140401069, FDK, KPI, 085206733223.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Minat Fotografi pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan instagram dikalangan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dan bagaimana pengaruh penggunaan instagram terhadap minat fotografi pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan komunikasi UIN Ar-Raniry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan istagram pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dan pengaruhnya terhadap minat fotografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif dengan sampel dalam penelitian ini 88 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: persentase lama menggunakan instagram yang tertinggi yaitu lebih dari 2 tahun sebanyak 59,09%, tujuan menggunakan instagram yang tertinggi yaitu lain-lain sebesar 37,50%, seringnya menggunakan instagram yang tertinggi yaitu sebanyak 6 - 10 kali dalam sehari sebesar 37,50%, konten yang di cari di instagram yang tertinggi yaitu hiburan persentase sebesar 28,41%, hal yang membuat ketertarikan dengan instagram yang tertinggi yaitu untuk lebih bisa berkreasi dengan foto sebesar 43,18%, foto moment yang sering di posting ke kronologi instagram yang tertinggi yaitu untuk jalan-jalan biasa sebesar 39,77%, fitur sering yang digunakan untuk mengunggah foto yang tertinggi yaitu melalui instastory sebesar 42,05%, seringnya mengunggah foto di instagram yang tertinggi yaitu sebanyak 1 - 5 kali kali dalam sehari/semalam dengan sebesar 44,32%, efek yang sering digunakan untuk mengedit foto sebelum di unggah yang tertinggi yaitu untuk efek lain-lain sebesar 54,55%. Adapun untuk nilai korelasi tertinggi dari semua indikator yang paling berpengaruh terhadap minat fotografi yaitu hubungan seringnya menggunakan instagram yaitu fitur like bisa menambah minat fotografi dengan nilai korelasi -0,909, karena nilainya hampir mendekati sempurna (-1,00 atau 1,00), hal ini sesuai dengan teori use and effect karena dengan adanya fitur like and comment yang bisa menambah minat fotografi maka pengguna akan sering menggunakan instagram. Semakin seringnya pengguna menggunakan instagram maka minat fotografi akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Zainuddin T, M.Si 2. Taufik, SE, Ak., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Media Instagram, Minat Mahasiswa, Fotografi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahmi Ananda Putri
Date Deposited: 08 Jan 2020 01:54
Last Modified: 08 Jan 2020 01:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10687

Actions (login required)

View Item View Item
TOP