Pengaruh Kualitas Layanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan

Gusniati, 140503137 (2019) Pengaruh Kualitas Layanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Kualitas Layanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan)
Gusniati, 140503137, FAH, IP, 082362690039.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pemustaka di Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan (Service Quality) terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4521 pemustaka yang sudah terdaftar sebagai anggota Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 responden di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh yang di ambil dengan teknik Sampling Insidental. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket (kuesioner). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil persamaan regresi Y =3,027 + 0,216X, dimana nilai konstanta a = 3,027 dan nilai b = 0,216 yang memiliki arti bahwa apabila semakin tinggi kualitas layanan (service quality) maka semakin tinggi pula kepuasaan pemustaka untuk berkunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan. Sedangkan hubungan data nilai korelasi (r) sebesar 0,188 yang berarti memiliki hubungan yang tidak kuat atau lemah antara kualitas layanan dan kepuasan pemustaka, dan untuk besarnya koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,035, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel X dan Variabel Y sebesar sebesar 18,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain. Hasil thitung < ttabel atau 1,871 < 1,984, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada pengaruh signifikan secara positif antara kualitas layanan (service quality) terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Selatan. Hasil analisis data uji F (Simultan) menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel yaitu 3,502 < 3,94, maka juga tidak ada pengaruh kualitas layanan (service quality) terhadap kepuasaan pemutaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Ruslan, M.LIS, 2. Asnawi,M.IP
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 021 Hubungan Perpustakaan, arsip, pusat informasi
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.5 Perpustakaan Pemerintah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Gusniati Gusniati
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:08
Last Modified: 08 Jan 2020 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10689

Actions (login required)

View Item View Item
TOP