Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Kluet Timur Aceh Selatan

Tia Andriani, 140207163 (2019) Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Kluet Timur Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS)  Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Kluet Timur Aceh Selatan]
Preview
Text (Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Kluet Timur Aceh Selatan)
Tia Andriani, 140207163, FTK, PBL, 085397324048.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMP N 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan masih banyak kendala diantaranya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dibelajarkan oleh guru. Hal tersebut memberi dampak terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa yang tidak mencukupi KKM serta terbatas dalam mengembangkan pengetahuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode JAS (Jelajah Alam Sekitar) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel kelas VII1 dengan jumlah 26 siswa, pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi dan hasil belajar siswa dengan soal tes. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase aktivitas belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa untuk pertemuan 1 yaitu 66,5% (Aktif) dan pertemuan ke-2 yaitu 78,70% (Aktif). Data terlihat dimana thitung > ttabel yaitu 13,12 > 1,70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode JAS (Jelajah Alam Sekitar) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Eva Nauli Taib, M.Pd 2. Rizky Ahadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode JAS (Jelajah Alam Sekitar), Aktivitas belajar siswa, Hasil belajar siswa, Ekosistem
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Tia Andriani
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:53
Last Modified: 09 Jan 2020 01:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10691

Actions (login required)

View Item
View Item