Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Di TPA Muhadzabul Akhlaq Gampong Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar

Ikhwanul Muslim, 140303039 (2019) Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Di TPA Muhadzabul Akhlaq Gampong Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Di Tpa Muhadzabul Akhlaq Gampong Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Di Tpa Muhadzabul Akhlaq Gampong Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar)
Ikhwanul Muslim, 140303039, FUF, IAT, 082167655877.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah pokok dari penelitian ini adalah pembelajaran Alquran di TPA biasanya menerapkan satu metode pembelajaran, sedangkan di TPA Mudzabul Akhlaq Gampong Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar menerapkan dua metode pembelajaran yaitu Baghdadi dan Iqra’. Dari permasalahan di atas dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut: pertama, bagaimana proses pembelajaran Alquran di TPA Muhadzabul Akhlaq Gampong Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona jaya Kabupaten Aceh Besar. Kedua, bagaimana efektivitas pembelajaran menggunakan metode Iqra’ dan Bagdadi di TPA Muhadzabul Akhlaq Gampong Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Metode dan teknik penyelesaian kedua persoalan ini akan ditempuh melalaui metode analisis isi (content analisisis). Masalah yang penulis munculkan adalah fiedl research, maka acuan penyelesaiannya adalah perpaduan library research dan field research dengan menggunakan data dan informasi melalui upaya observasi, dokumentasi dan wawancara yang didasari pada pengakuan objek. Dari data yang di peroleh kemudian diolah dengan menentukan jawaban berdasarkan hasil wawancara dengan direktur, pengurus, dan pengajar. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: Pertama Memisahkan santriwan dan santriwati, kedua Memisahkan antaran santri Iqra’ dan Bagdadi. Untuk mengamati efektivitas pembelajaran Alquran penulis menggunakan tiga indikator: pertama keberhasilan dalam menjalankan program, kedua mengobservasi penyesuaian diri pengajar terhadapa anak didik, ketiga penulis mendata santri yang berprestasi.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing l : Dr. Abd Wahid S.Ag, M.Ag Pembimbing ll : Zainuddn, S.Ag, M.A
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ikhwanul Muslim
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:24
Last Modified: 08 Jan 2020 07:24
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10693

Actions (login required)

View Item
View Item