Penilaian Kriteria Agunan Pembiayaan Seuramoe Mikroe iB pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Keutapang

Siska Dilla Yunita. B, 041300722 (2016) Penilaian Kriteria Agunan Pembiayaan Seuramoe Mikroe iB pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Keutapang. KKU thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text
full Lkp.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (285kB) | Preview

Abstract

Undang-undang perbankan Syariah No. 21 Tahun 2008 menyatakan bahwa perbankan syariah adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank syariah dan unit usaha syariah, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Laporan kerja praktik ini disusun untuk mengetahui bagaimana metode penilaian maupun kriteria agunan atau jaminan dan juga jangka waktu yang ditetapkan oleh PT. Bank Aceh Syariah Capem Keutapang. Kegiatan kerja praktik yang penulis lakukan selama 30 hari masa kerja bertempat pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Keutapang yang beralamat di Jln. Mata Ie No.17A Keutapang Dua, Darul Imarah Aceh Besar. Sebelum memberikan pembiayaan terlebih dahulu dilakukan analisis pembiayaan meliputi 5C, yaitu Character, Capacity, Capital, Collateral, dan Condition of Economy, untuk menghindari nasabah yang tidak jujur dan risiko yang merugikan pihak bank maka agunan menjadi jaminan untuk penghati-hatian bagi bank terhadap nasabah. Untuk barang yang dijadikan agunan meliputi benda bergerak, benda tidak bergerak, dan deposito. Untuk jaminan benda bergerak hal yang perlu dipertimbangkan adalah kelengkapan legalitas barang jaminan, kondisi barang, perhitungan nilai penyusutan dari benda tersebut serta mencari informasi harga barang yang dijaminkan berupa harga beli dan harga jual. Oleh karena itu tahun pembuatan dari benda bergerak dihitung 5 tahun mundur dari tahun sekarang. Sedangkan untuk jaminan barang tidak bergerak hal yang perlu diperhatikan yaitu surat hak milik (SHM), luas bangunan atau tanah dan harga tanah. Untuk jaminan deposito nasabah tersebut sudah memiliki deposito berjangka di PT. Bank Aceh Syariah Keutapang.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbng: 1.Dr. Azharsyah, SE.,Ak., MS.OM, NIP.197811122005011003 2. Marwiyati, SE., MM, NIP. 197404172005012002
Uncontrolled Keywords: Agunan, Pembiayaan, Seramoe, Mikroe iB
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:13
Last Modified: 19 Jul 2017 08:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item
TOP