Kompetensi Pedagogik Guru PAI Tersertifikasi di Sekolah Umum Kabupaten Pidie (Suatu Penelitian Survei)

Hidayatul Aqly, 140201253 (2019) Kompetensi Pedagogik Guru PAI Tersertifikasi di Sekolah Umum Kabupaten Pidie (Suatu Penelitian Survei). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kompetensi Pedagogik Guru PAI Tersertifikasi di Sekolah Umum Kabupaten Pidie (Suatu Penelitian Survei)]
Preview
Text (Kompetensi Pedagogik Guru PAI Tersertifikasi di Sekolah Umum Kabupaten Pidie (Suatu Penelitian Survei))
Hidayatul Aqly.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kompetensi guru merupakan kemampuan dan kewenangan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban secara bertanggung jawab terkait dengan profesi keguruannya. Hasil kajian yang dilakukan Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) tahun 2008 menunjukkan bahwa guru yang telah mengikuti (lolos) sertifikasi ternyata tidak serta merta menunjukkan peningkatan kinerja, meski lolos sertifikasi, nilai kompetensi guru rata-rata di angka kisaran 52-64 persen, tak sedikit guru yang nilai kompetensinya terus menurun. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI tersertifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di sekolah menengah umum Kabupaten Pidie, (2) untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI tersertifikasi dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran di sekolah menengah umum Kabupaten Pidie, (3) untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI tersertifikasi dalam mengevaluasi pembelajaran di sekolah menengah umum Kabupaten Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei, dengan mengambil lokasi di SMAN 1 Padang Tiji, SMAN 3 Unggul Sigli dan SMAN 1 Mutiara. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa-siswa yang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 160 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian dalam pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui angket, dan wawancara. Kompetensi pedagogik guru PAI tersertifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di tiga sekolah menengah umum Kabupaten Pidie sudah baik namun masih perlu peningkatan dan penyempurnaan, (2) Kompetensi pedagogik guru PAI tersertifikasi dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran di tiga sekolah menengah umum Kabupaten Pidie sangat kurang dan masih perlu upaya serius dalam peningkatan kompetensi pemanfaatan teknologi pembelajaran. (3) Kompetensi pedagogik guru PAI tersertifikasi dalam mengevaluasi pembelajaran di tiga sekolah menengah umum Kabupaten Pidie sudah baik namun masih perlu peningkatan dan penyempurnaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jailani, S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Dr. Zulfatmi, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pedagogik, Sertifikasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatul Aqly
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:14
Last Modified: 13 Jan 2020 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10720

Actions (login required)

View Item
View Item