Peran Masjid Sebagai Media Dakwah Di Lingkungan Perkantoran Pada Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Dan Kajian Hukum Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (P3khan LAN RI)

Fitriani Yusra, 150401071 (2019) Peran Masjid Sebagai Media Dakwah Di Lingkungan Perkantoran Pada Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Dan Kajian Hukum Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (P3khan LAN RI). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peran Masjid Sebagai Media Dakwah Di Lingkungan Perkantoran Pada Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Dan Kajian Hukum Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (P3khan LAN RI))
Fitriani Yusra, 150401071, FDK, KPI, 085270854694.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Masjid Sebagai Media Dakwah di Lingkungan Perkantoran pada Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (P3KHAN LAN RI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Masjid Al-Ikhlas sebagai media dakwah di lingkungan perkantoran, program-program di masjid yang berkaitan dengan dakwah, dan faktor-faktor pendukung serta penghambat terlaksananya program-program masjid yang berkaitan dengan dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas pengurus Masjid Al-Ikhlas dan pegawai kantor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Masjid Al-Ikhlas berperan sebagai media dakwah di lingkungan Perkantoran P3KHAN LAN RI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah, pendidikan agama Islam di lingkungan perkantoran, membangun ukhuwah antarsesama karyawan, penyelenggaraan ibadah salat fardu dan salat Jumat, memberi santunan kepada anak yatim dan fakir miskin melalui zakat, infak, sedekah, wakaf, dan menyelenggarakan kegiatan sosial keagamaan. Program-program yang berkaitan dengan dakwah di Masjid Al-Ikhlas bertujuan untuk membina moral keagamaan para pegawai kantor tersebut. Program-program yang telah disusun oleh pengurus Masjid Al-Ikhlas dapat berupa salat berjamaah secara rutin, kuliah tujuh menit (kultum) setelah salat berjamaah Asar, santunan anak yatim, kunjungan ke panti asuhan, membaca Yasin setiap sebulan sekali, takziah, buka puasa bersama di bulan Ramadan, kultum rutin setelah salat berjamaah zuhur pada bulan Ramadan, salat Jumat, dan tilawatil quran. Faktor pendukung terlaksananya program-program Masjid Al-Ikhlas di antaranya dukungan penuh dari pihak kantor terhadap pengurus masjid, pegawai kantor, peserta diklat, staf-staf kantor dan masyarakat umum. Dukungan lain datang dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar khususnya, umumnya Pemerintah Aceh baik anggaran maupun keperluan prasarana dan sarana Masjid Al-Ikhlas seperti mimbar jumat, sajadah, alquran. Sedangkan faktor penghambat terlaksananya program-program masjid yang berkaitan dengan dakwah di antaranya keterbatasan dana, kurangnya kompetensi sumber daya manusia (SDM) serta keterbatasan lokasi tempat salat yang sudah tidak mampu menampung jumlah jamaah yang terus bertambah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Dr. Hendra Syahputra, M.M. 2. Fajri Chairawati, S. Pd. I., M. A,
Uncontrolled Keywords: Peran, Masjid, Media Dakwah, P3KHAN LAN RI
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fitriani Yusra
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:09
Last Modified: 13 Jan 2020 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item View Item
TOP