Tindak Pidana Pencemaran Lingkungan Hidup Di Tinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Limbah Pabrik Tempe Gampong Cut Langien Kecamatan Bandar Baru)

Anisah Amini, 141310196 (2019) Tindak Pidana Pencemaran Lingkungan Hidup Di Tinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Limbah Pabrik Tempe Gampong Cut Langien Kecamatan Bandar Baru). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Tindak Pidana Pencemaran Lingkungan Hidup Di Tinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Limbah Pabrik Tempe Gampong Cut Langien Kecamatan Bandar Baru))
Anisah Amini, 141310196, FSH, HPI, 085260815394.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lingkungan hidup adalah mengacu kepada semua benda, keadaan, kondisi dan juga pengaruh yang berada di dalam ruangan yang kita tempati dan hal tersebut mempengaruhi kehidupan disekitarnya baik itu seluruh makhluk hidup baik itu manusia, tumbuhan dan hewan juga meliputi berbagai unsur lingkungan serta manfaatnya. Disini tindak pidana pencemaran lingkungan hidup menjadi tolak ukur terhadap permasalahan ini sehingga pertanyaan dalam skripsi ini adalah Bagaimana upaya penanggulangan tindak pidana pencemaran lingkungan hidup akibat limbah pabrik tempe yang terjadi di Gampong Cut Langien Kecamatan Bandar Baru dan Bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap tindak pidana pencemaran lingkungan hidup akibat limbah pabrik tempe. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analisis, yaitu suatu metode yang menyajikan suatu peristiwa atau gejala secara sistematis, faktual dengan penyusunan yang akurat mengenai fakta-fakta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tindak Pidana Pencemaran Lingkungan Hidup di Gampong Cut Langien ada beberapa upaya penanggulan yang harus dilakukan yaitu limbah cair yang hasilkan dari industri pabrik tempe seharusnya dikelola dan diolah dengan cara dialirkan ke IPAL (instlasi pengolahan air limbah), melakukan pemisahan antara saluran pengaliran dan limbah cair, membuatkan jaringan pembuangan air kotor dan air bekas limbah cair kedalam septi tank, membuat sumur resapan, penutup tempat produksi dan pemasangan cerong, mengolah air limbah agar bau busuk tidak mengganggu masyarakat sekitar dan menyediakan kantong sampah terpilah. Selanjutnya pandangan hukum islam tindak pidana lingkungan hidup merupakan perbuatan yang dilarang dan bertentangan dengan hukum yang ada di dalam Al-Qur’an maupun hukum negara yang dapat merugikan masyarakat disekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Bismi Khalidin, S. Ag., M. Si Pembimbing II :M. Syuib, M. H,. MA
Uncontrolled Keywords: Pencemaran Lingkungan Hidup di Tinjau Menurut Hukum Islam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 345 Hukum Pidana
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363 Masalah dan pelayanan sosial lainnya > 363.7 Masalah lingkungan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Anisah Amini
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:11
Last Modified: 13 Jan 2020 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10772

Actions (login required)

View Item View Item
TOP