Hubungan Dakwah Dengan Kesadaran Masyarakat Dalam Pelestarian Hutan Di Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya

Mailiza, 140403126 (2019) Hubungan Dakwah Dengan Kesadaran Masyarakat Dalam Pelestarian Hutan Di Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Hubungan Dakwah Dengan Kesadaran Masyarakat Dalam Pelestarian Hutan Di Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya)
Mailiza, 140403126, FDK, MD,081269430783.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Dakwah dengan Kesadaran Masyarakat dalam Pelestarian Hutan di Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya ”. peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini karena berdasarkan pengamatan peneliti yang terjadi di Kecamatan Babahot kabupaten Aceh Baat Daya. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah belum adanya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian hutan, belum adanya jadwal khusus untuk dilaksanakan dakwah menyangkut pelestarian hutan, masih endahnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pelestarian hutan, panglong kayu tidak memilih hasil kayu yang akan dibeli, fungsi pengawasan dari Polisi Kehutanan, maka dalam hal ini menyebabkan terjadinya bencana alam. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan dakwah dengan kesadaran masyarakat dalam pelestarian hutan di kecamatan Babahrot kabupaten Aceh Barat Daya. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini masyarakat kecamatan Babahot kabupaten Aceh Barat Daya yang berjumlah 21.408 jiwa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian berjumlah 100 responden.. Dari hasil analisis menggunakan SPSS versi 20 dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji heterokedartisitas dan uji korelasi. Hasil penelitian ini terdapat hubungan positif yang signifikan antara dakwah dengan kesadaran masyarakat. Hal ini ditunjukkan oleh uji korelasi product moment dengan nilai pearson correlation sebesar 0,239 menunjukkan pada pedoman derajat hubungan yaitu pada taraf pengambilan keputusan nilai pearson correlation 0,21 s/d 0,40 = korelasi lemah dimana Perbandingan derajat rtabel nilai pearson correlation 0,239 > rtabel 0,195 maka dinyatakan terdapat hubungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dr. Mahmuddin, M.Si 2. Sakdiah, S.Ag.,MA.
Uncontrolled Keywords: Dakwah dan Kesadaran masyarakat, dan Pelestarian Hutan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Mailiza Mailiza
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:40
Last Modified: 13 Jan 2020 04:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item View Item
TOP