Adaptasi Kehidupan Sosial Mantan Narapidana Dalam Masyarakat (Studi Kasus Gampong Leupung Ulee Alue, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar)

Rahmad Nasir, 140305063 (2019) Adaptasi Kehidupan Sosial Mantan Narapidana Dalam Masyarakat (Studi Kasus Gampong Leupung Ulee Alue, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img] Text (Adaptasi Kehidupan Sosial Mantan Narapidana Dalam Masyarakat (Studi Kasus Gampong Leupung Ulee Alue, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar))
Rahmad Nasir, 140305063, FUF, SA, 082360007258 (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Di Gampong Leupung Ulee Alue ada beberapa orang mantan narapidana yang berbeda kasusnya. Skripsi di tulis karena ingin melihat bagaimana latar belakang terjadinya kejahatan di Gampong Leupung Ulee Alue, bagaimana adaptasi mantan narapidana dalam kehidupan bermasyarakat Gampong Leupung Ulee Alue dan bagaimana pandangan masyarakat terhadap mantan narapidana di Gampong Leupung Ulee Alue. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menjadi penyebab terjadinya perilaku kejahatan di Gampong Leupung Ulee Alue, untuk mengetahui upaya-upaya serta proses yang dilakukan mantan narapidana dalam beradaptasi di kehidupan bermasyarakat di Gampong Leupung Ulee Alue, untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap narapidana di Gampong Leupung Ulee Alue. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang langsung dilakukan Di Gampong Leupung Ulee Alue, Kec. Kuta Baro. Kab. Aceh Besar. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi selanjutnya di analisis. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan pada saat pengumpulan data dilakukan dan setelah datanya semua terkumpul. Kemudian langkah analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dapat disimpulkan latar belakang terjadinya kejahatan karena faktor agama, faktor ekonomi, faktor pendidikan dan faktor lingkkungan. Sedangkan proses adaptasi dengan masyarakat mantan narapidana melakukannya dengan pertama beradaptsi dengan keluarga, kemudian sekitar waktu tujuh hari baru mantan narapidana beranikan diri beradaptasi dengan masyarakat. akan teteapi perlakuan masyarakat terhadap Narapidana berbeda-beda, narapidana berusaha keras untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat, dengan bersikap lebih baik dan sopan atau dengan menunjukkan kepada mereka bahwa ia benar-benar telah berubah. Pada mantan narapidana kasus perampokan dan pencurian, di dalam masyarakat mereka lebih sulit mendapatkan kepercayaan. Mereka lebih dominan bergaul diluar lingkungan tempat tinggal mereka. Serta mantan narapidana narkoba atau pengisap tidak begitu kesulitan dalam beradaptasi, serta masyarakat memberikan dukungan untuk dapat hidup lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mahmuddin, M.Si Pembimbing II : Dr. Abd. Majid, M.Ag
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363 Masalah dan pelayanan sosial lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Rahmad Nasir
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:30
Last Modified: 15 Sep 2021 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10778

Actions (login required)

View Item View Item
TOP