Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Dengan Flashcard Di MAN 6 Aceh Besar

Fera Amalia, 150207026 (2019) Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Dengan Flashcard Di MAN 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Dengan Flashcard Di MAN 6 Aceh Besar]
Preview
Text (Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Dengan Flashcard Di MAN 6 Aceh Besar)
FIUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi model dan media pembelajaran yang diterapkan pada saat proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa kelas X MIA 2 MAN 6 Aceh Besar yang pada akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X MIA 2 MAN 6 Aceh Besar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan flaschard pada materi Animalia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam 3 siklus. Subyek penelitian adalah guru (peneliti) dan seluruh siswa kelas X MIA 2 MAN 6 Aceh Besar. Tempat penelitian di MAN 6 Aceh Besar pada bulan Februari 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes.Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda diperluas yang berjumlah 10 soal disetiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa sehingga dapat tercapainya ketuntasan klasikal. Persentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 81,76% meningkat menjadi 90,62% pada siklus II, dan 95,83% pada siklus III. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan disetiap siklus, pada siklus I yaitu 80,10% meningkat menjadi 88,06% pada siklus II, dan 93,17% pada siklus III.Hasil belajar siswa pada siklus I sangat rendah dengan ketuntasan klasikal 47,82% meningkat menjadi 66,66% pada siklus II, dan mencapai ketuntasan klasikal pada siklus III dengan persentase ketuntasan 88,88%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan flaschard dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dr. Anton Widyanto, M.Ag., Ed. S., 2. Eva Nauli Taib, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Team Game Tournament (TGT), Flaschard, Aktivitas belajar, Hasil belajar, Animalia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fera Amalia
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:43
Last Modified: 14 Jan 2020 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10785

Actions (login required)

View Item
View Item