Prinsip-Prinsip Dasar User Education Perpustakaan Universitas

Khatib A. Latief, 2011026501 (2014) Prinsip-Prinsip Dasar User Education Perpustakaan Universitas. In: Dimensi Metodologis: Ilmu Sosial dan Humaniora. Lhee Sagoe Press, Banda Aceh, pp. 47-86. ISBN 9786027067547

[thumbnail of membahas secara lengkap tentang User education, prinsip-prinsip, metode pembelajaran, materi, dan media pembelajarannya]
Preview
Text (membahas secara lengkap tentang User education, prinsip-prinsip, metode pembelajaran, materi, dan media pembelajarannya)
Prinsip-Prinsip Dasar User Education Perpustakaan Universitas.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

User education dipahami berbeda antara satu orang dengan orang lain. beberapa istilah yang sering digunakan adalah library orientation, library instruction, bibliographic instruction, dan library user education. Prinsip dasar dari user education adalah menjembatani dunia perpustakaan dengan dunia pemustaka. Terdapat tujuh langkah dalam merencanakan user education, yaitu melakukan need assessment, menentukan tujuan dan hasil akhir yang ingin dicapai, mepublikasikan program, merancang bahan pembelajaran, mempersiapkan tenaga pembelajaran, mempersiapkan lokasi pembelajaran, dan mengatur dan melaksanakan program. Tujuan dasar dari user education adalah untuk memberdayakan pemustaka memnafaatkan seluruh layanan dan fasilitas yang dimiliki perpustakaan secara cepat, tepat, akurat, dan benar. Karena itu di dalam pelaksanaanya memerlukan metode penyampaian yang tepat. Minimal ada empat metode pembelajaran user education adalah Lecture method, using audio visual, using computer assisted learning, and on site vist to the library. Lama waktu pelaksanaan user education juga perlu diperhatikan. Indikator keberhasilan user education di antaranya adalah kejelasan tujuan, materi disusun sistematis, materi sesuai dengan karakteristik peserta, metode yang tepat, media pembelajaran tepat, dan fasilitator yang profesional.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: library instruction, bibliographic instruction, user education, materi user education
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Khatib A. Latief
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:14
Last Modified: 14 Jan 2020 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10787

Actions (login required)

View Item
View Item