Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Volume Kubus dan Balok dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas V MIN Kuta Reuntang

Saiful Heriadi, 201121759 (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Volume Kubus dan Balok dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas V MIN Kuta Reuntang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang peningkatan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok.]
Preview
Text (Membahas tentang peningkatan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok.)
Saiful Heriadi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi memperlihatkan bahwa proses pembelajaran matematika di MIN Kuta Reuntang kurang efektif karena pembelajaran di MIN Kuta Reuntang masih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan dalam proses pembelajaran siswa menjadi pasif karena mereka hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh juga memperlihatkan rata-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 60. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian dengan judul “Peningakatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Dengan Menggunakan Alat Peraga Di Kelas V MIN Kuta Reuntang”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa melalui penggunaan alat peraga pada materi volume kubus dan balok di kelas V MIN Kuta Reuntang, (2)Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok dengan menggunakan alat peraga di kelas V MIN Kuta Reuntang. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan data pengamatan langsung terhadap jalannya proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Kuta Reuntang sebanyak 24 siswa.Data hasil penelitian ini diperoleh melalui: (1) Lembar observasi aktivitas guru (2) Lembar observasi aktivitas siswa (3) Soal tes (pree-test dan post-test). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Ketuntasan belajar individu ditentukan berdasarkan KKM pelajaran matematika di MIN Kuta Reuntang yaitu 60 dan ketuntasan klasikal 65%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai persentase 73% dalam kategori baik dan siklus II meningkat dengan nilai persentase 83% dalam kategori baik sekali. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai persentase 69% dalam kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86% berada dalam kategori baik sekali. (3) Hasil tes siswa pada siklus I sebesar 25% meningkat pada siklus II menjadi 83% siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga pada materi volume kubus dan balok dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIN Kuta Reuntang dan dapat membuat siswa lebih aktif dan termotivasi dalam belajar. Sedangkan guru menjadi lebih mudah dalam menyajikan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Tasnim Idris, M. Ag; NIP. 195912181991032002; 2. Nida Jarmita, S.Pd.I, M. Pd; NIP. 198402232011012009
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 03:44
Last Modified: 06 Oct 2017 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item
View Item