Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 1 Aceh Besar

Raihanul Ichrima, 261222925 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 1 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 1 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN 1 Aceh Besar)
Raihanul Ichrima, 261222925, FTK, PMA, 082272066954.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh banyak faktor, baik secara internal maupun secara eksternal. Penyebab yang memungkinkan rendahnya hasil belajar adalah kurangnya berbagai model pembelajaran yang digunakan oleh guru; Pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru dan siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru. Akibatnya siswa pasif dan hasil belajarnya menurun. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika di kelas terutama pada materi SPLDV dengan penerapan model pembelajaran pemecahan masalah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran pemecahan masalah lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsng. Desain eksperimen yang digunakan adalah Countrol Group Post Test Design. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-5 dan VIII-6 di MTsN 1 Aceh Besar. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh thitung=3,61 dan ttabel=1,68 maka thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pebimbing I : Dr. H. Nuralam, M.Pd Pembimbing II : Kamarullah, S.Ag., M.pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Raihanul Ichrima
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:26
Last Modified: 15 Jan 2020 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item
View Item