Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 6 Aceh Besar

Rauzatul Jannah, 140205161 (2019) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 6 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 6 Aceh Besar)
Rauzatul Jannah, 140205161, FTK, PMA, 085370750711.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah penilaian terhadap kemampuan siswa sebagai ukuran untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepahaman siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Namun hasil belajar siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa MTsN 6 Aceh Besar yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran non RME. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung = 7,8 dan ttabel = 1,68, sehingga thitung>ttabel. Hal ini berarti terima H1 dan tolak H0 yang berarti bahwa hasil belajar matematika siswa MTsN 6 Aceh Besar yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran non RME.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Hasan Munir, M. Pd. Pembimbing II : Zikra Hayati, S.Pd.I., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Realistic Mathematics Education (RME)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rauzatul Jannah
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:12
Last Modified: 15 Jan 2020 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10791

Actions (login required)

View Item
View Item