Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Media Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTsN 4 Aceh Besar

Zurrata Aina, 140205042 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Media Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTsN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Media Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTsN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Media Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTsN 4 Aceh Besar)
Zurrata Aina, 140205042, FTK , PMA, .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis penting untuk dikuasai oleh peserta didik, namun masalah yang terjadi adalah kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa adalah siswa Indonesia pada umumnya kurang terlatih dalam menyelesaikan soal yang subtansinya kontekstual. Oleh karena itu kemampuan komunikasi matematis siswa perlu dioptimalkan dengan model pembelajaran matematika, yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan media gambar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 4 Aceh Besar. (2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan rancangan quasi eksperiment dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 4 Aceh Besar dengan sampel diambil secara simple random sampling yaitu kelas VII-1 dan kelas VII-2. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh:(1) uji hipotesis pertama diperoleh thitung = 26,55 > ttabel = 1,71 maka H1 diterima. sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan media belajar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 4 Aceh Besar, (2) uji hipotesis kedua, diperoleh thitung = 2,87 > ttabel = 2,01, maka H1 diterima, sehingga terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan media gambar dengan pembelajaran konvensional di MTsN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nuralam, M.Pd. Pembimbing II : Muhammad Yani, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Zurrata Aina
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:13
Last Modified: 15 Jan 2020 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10793

Actions (login required)

View Item
View Item